Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menambahkan Kacang pada Diet Tingkatkan Kualitas Sperma

Kompas.com - 10/11/2020, 17:30 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pola makan yang sehat tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga dapat memengaruhi kesuburan. Salah satunya adalah meningkatkan kualitas sperma.

Untuk mendapatkan sperma yang berkualitas, baik dalam jumlah mau pun kemampuannya berenang, jangan lewatkan rutin mengonsumsi kacang.

Hal itu dibuktikan dari temuan tim peneliti di Rovira i Virgili University Spanyol. Disebutkan, konsumsi beragam kacang pohon, seperti almond, hazelnut, dan kenari berdampak besar pada metilasi DNA sperma.

Proses ini mengacu pada perubahan alami DNA yang sebenarnya tidak mengubah urutan DNA manusia.

Metilasi DNA sering kali mencegah gen tertentu untuk mengekspresikan dirinya, antara lain gen penyebab tumor agar tidak menyebabkan kanker.

Dalam studi tersebut para peneliti memeriksa 72 pria sehat dan tidak merokok. Sebanyak 48 peserta menambahkan campuran kacang-kacangan ke dalam diet mereka selama 14 minggu dan 24 pria lainnya bertindak sebagai kelompok kontrol saat para peneliti memantau kualitas sperma mereka.

Baca juga: Menyimpan Ponsel di Saku Celana Bisa Menurunkan Kualitas Sperma?

Hasilnya mengungkapkan bahwa menambahkan kacang dalam makanan pria secara rutin bisa meningkatkan jumlah sperma, viabilitas, motilitas, dan morfologi.

Para peneliti juga mencatat, metilasi di 36 wilayah genom yang terkait dengan DNA sperma telah diubah secara signifikan pada peserta yang makan kacang selama masa percobaan.

Sekitar 97,2 persen pria menunjukkan hipermetilasi di daerah DNA sperma mereka.

"Penelitian ini membuktikan ada beberapa daerah sensitif dari epigenom sperma yang merespons diet dan dapat mengakibatkan perubahan pada sperma untuk membuahi," kata salah satu peneliti  Albert Salas-Huetos.

Ini menjadi penelitian yang pertama kali melihat pengaruh mengonsumsi kacang terhadap dampak positif pada DNA sperma.

Baca juga: 5 Manfaat Kacang Polong, Kurangi Risiko Kanker hingga Cegah Diabetes

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com