Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lego Jadikan Colosseum Roma sebagai Koleksi Terbesarnya

Kompas.com - 14/11/2020, 13:11 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lego kembali merilis koleksi terbaru berukuran besar yang membutuhkan waktu hingga dua minggu untuk merakitnya.

Jika sebelumnya balok mainan terbaru yang dirilis adalah kendaraan seperti Porsche 911 RSR dan roket NASA Apollo Saturn V, kali ini Lego memilih bangunan ikonik di Roma yakni Colosseum.

Koleksi balok mainan ini terdiri dari 9.036 bagian yang dilengkapi dengan pemandangan. Apabila tersusun, tinggi mainan ini mencapai 26,7 cm, lebar 52 cm, dan kedalaman 59,7 cm.

Dengan demikian, ini menjadikan Colosseum sebagai set Lego terbesar yang pernah diproduksi. Sebelumnya ada Lego Millennium Falcon dari Star Wars.

Menurut perusahaan asal Denmark itu, model balok mainan terbaru ini menampilkan banyak detail yang nyata dan menampilkan Colosseum dengan kolom bergaya "Doric, Ionic, dan Corinthian".

Baca juga: Lego Bikin Roket NASA Apollo Saturn V Ukuran XL

"Kolom-kolom telah dibuat ulang seperti aslinya dalam bentuk bata Lego menggunakan berbagai teknik bangunan kreatif," kata juru bicara perusahaan seperti dikutip Fox News.

Ada pula volute dekoratif yang telah dibuat menggunakan elemen roller skate Lego. Volute tersebut diwarnai ulang untuk menciptakan tampilan yang otentik.

Desainer Rok Zgalin Kobe mengakui versi Lego ini tidak sepenuhnya sesuai dengan bentuk amfiteater ikonik.

”Salah satu tantangan terbesar dan terpenting adalah menyampaikan monumentalitas Colosseum dalam bentuk Lego."

"Saya merasa balok mainan dari Lego harus menampilkan fitur arsitektural khusus dari aslinya yakni deretan kolom yang mengapit lengkungan dengan gaya berbeda," kata Kobe.

Untuk mencapai hal tersebut, model balok mainan dibangun dengan menggunakan efek vertical exaggeration. Hal ini membuat penampang jauh lebih curam daripada pada struktur sebenarnya.

Baca juga: ZX8000, Sneaker Kolaborasi Adidas x Lego yang Meriah

Kobe berharap, penyusun model balok mainan ini terinspirasi untuk mempelajari lebih lanjut tentang Colosseum melalui pengalaman merakitnya.

Terlepas dari beberapa kebebasan kreatif, sebagian besar detail dalam struktur telah dibuat agar menyerupai bangunan.

Menurut perusahaan, ada tiga warna batu bata yang meniru kolom dan landmark yang berusia hampir 2.000 tahun.

Lego Colosseum akan diluncurkan pada 27 November mendatang dengan harga 550 dollar Amerika atau setara dengan Rp 7,7 juta. Koleksi tersedia di Lego.co.id dan di toko-toko Lego.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com