Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2020, 15:43 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Memonitor tekanan darah selama kehamilan penting dilakukan sebagai bagian dari pemeriksaan kesehatan ibu hamil. Terkadang, ibu hamil memiliki tekanan darah tinggi saat mengandung meski sebelum hamil selalu normal.

Jika tekanan darah calon ibu tinggi, yaitu di atas 130 mm Hg/80 mm Hg, di usia 20 minggu kehamilan maka ibu bisa mengalami pre-eklampsia yang merupakan kondisi berbahaya bagi ibu dan juga janin.

Di Indonesia, preeklampsia diperkirakan dialami 7-10 persen ibu hamil. Pada ibu, kondisi ini bisa memicu kejang dan stroke, sementara pada bayi dapat menyebabkan persalinan prematur (sebelum 37 minggu) dan berat badan bayi rendah.

Hipertensi saat hamil dapat membuat bayi kekurangan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkannya untuk tumbuh.

Meski demikian, hipertensi saat kehamilan bisa dicegah dan diatasi sehingga kehamilan berjalan sehat. Salah satu yang wajib dilakukan ibu hamil adalah rutin memeriksakan kehamilan.

Baca juga: Waspadai, Pemicu Risiko Hipertensi Selain Garam

Dijelaskan oleh Kepala Program Studi Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Dr.Toto Sudargo SKM, mengontrol asupan kalori dan nutrisi berperan penting dalam mencegah hipertensi kehamilan.

“Ada beberapa cara untuk mencegah hipertensi dalam kehamilan, serta meningkatkan imunitas ibu dan janin yang dikandungnya. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan pola makan yang memperbanyak sayuran dan ikan, dan strategi diet rendah garam,” katanya dalam acara webinar “Peran Gizi Sebagai Langkah Pengendalian Hipertensi dan Menjaga Kekebalan Tubuh dalam Kehamilan”.

Toto mengutip penelitian yang menunjukkan pola makan tinggi sayur dan ikan mengurangi risiko hipertensi kehamilan sampai 14 persen dan risiko preeklampsia sampai 21 persen.

Direkomendasikan untuk mengonsumsi sedikitnya 5 porsi buah dan sayuran yang bervariasi setiap harinya. Sementara itu, konsumsi ikan disarankan tidak lebih dari dua porsi ikan berlemak seperti salmon, makarel, atau ikan laut lainnya.

Baca juga: 9 Makanan Pantangan Darah Tinggi yang Perlu Dihindari

“Diet rendah garam juga apat menurunkan risiko hiperetensi,” ujarnya.

Pola makan rendah garam bisa dilakukan dengan membatasi garam saat memasak, mengurangi asupan makanan cepat saji atau makanan kalengan. Selalu baca label dalam kemasan makanan untuk mengetahui kadar natriumnya.

Selain itu, untuk menambahkan rasa dalam masakan bisa digunakan daun rempah-rempah sebagai pengganti garam. Cara lain adalah menggunakan bumbu umami.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com