Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putri Diana Ternyata Pernah Ingin Pernikahannya Dibatalkan

Kompas.com - 29/11/2020, 09:07 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Pangeran Charles dan Putri Diana mengumumkan pertunangannya di Istana Buckingham pada Februari 1981, dan menikah sebulan kemudian pada Juli.

Meski pada awalnya terlihat seperti cerita dongeng di mata publik, namun mereka akhirnya bercerai pada 1996.

Pernikahan Charles dan Diana sebetulnya sudah sejak awal dipaksakan.

Bahkan ternyata, Diana sendiri pernah berusaha agar pernikahannya dibatalkan.

Dilansir Independent, ada beberapa tanda yang menunjukkan permasalahan dalam pernikahan itu, termasuk Diana yang mengatakan bahwa dirinya hanya bertemu Charles sebanyak 12 kali sebelum mereka bertunangan.

Keduanya juga terpaut usia cukup jauh. Ketika menerima pinangan Charles, usia Diana baru 19 tahun, sementara Charles 32 tahun.

Baca juga: Cerita Putri Diana yang Sembunyi Sebelum Pernikahannya

Charles diduga juga berkeberatan jelang pernikahan, paling tidak karena masih menyimpan perasaan pada mantan kekasihnya saat itu, Camilla Parker Bowles, yang akhirnya dinikahinya pada 2005.

Serial The Crown di Netflix, yang menceritakan kisah keluarga Kerajaan Inggris, juga menggambarkan keraguan tentang pernikahan tersebut pada musim keempatnya.

Tak lama setelah pertunangan, Charles pergi untuk melakukan tur, meninggalkan Diana dalam kebingungan dan kesendirian di Istana Buckingham.

Setelah pergi makan siang dengan Camilla, dia menemukan bahwa Charles memiliki gelang yang dibuat untuk mantan kekasihnya itu dengan nama panggilan mereka satu sama lain yang tertulis di atasnya, Fred dan Gladys.

Diana yang marah berusaha mati-matian untuk menghubungi Charles atau anggota Keluarga Kerajaan lainnya untuk membahas hal ini, termasuk Ratu Elizabeth II.

"Pernikahan ini tidak bisa dilanjutkan, itu akan menjadi bencana bagi semua orang," kata Diana melalui telepon dalam sebuah episode.

Perdebatan dalam internal keluraga kerajaan pun sempat terjadi tentang apakah pernikahan tetap dilanjutkan atau dibatalkan.

Namun, pada akhirnya pernikahan tetap berlangsung setelah Ratu menyarankan Charles untuk terus maju demi menjalankan "tugas", meyakini bahwa cinta dan kebahagiaan pasti akan mengikuti.

Baca juga: Sejak Awal, Ratu Elizabeth Tahu Cinta Charles dan Diana Tak Akan Lama

Bagaimana faktanya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com