Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2020, 15:43 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Merapikan gigi yang bertumpuk dan berantakan bukan cuma membuat penampilan lebih menarik, tetapi sebenarnya bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut.

Dijelaskan oleh drg.Deviana Maria, tak dipungkiri jika susunan gigi yang rapi bisa menunjang penampilan.

“Terutama untuk mereka yang kerjanya harus sering bertemu banyak orang atau tampil, penting untuk memiliki gigi yang rata, lebih percaya diri,” kata Deviana dalam acara talkshow yang digelar virtual (27/11/2020).

Selain itu, gigi yang rata juga membuat gigi lebih bersih sehingga terhindar dari masalah gigi dan mulut.

“Kalau gigi bertumpuk, sisa makanan akan sulit dibersihkan, sehingga rentan terbentuk plak dan lebih gampang berlubang,” kata co-founder dari RATA, perusahaan teledensitry dan AI yang menghadirkan clear aligner, ini.

Pemakaian kawat gigi atau pun clear aligner untuk memperbaiki susunan gigi juga dapat mengurangi keinginan untuk ngemil.

Kendati demikian, pastikan prosedur merapikan gigi dilakukan oleh dokter gigi, terutama spesialis ortodonti. Jangan mudah tergiur harga murah dari jasa tukang gigi. Alih-alih memiliki senyum yang indah, susunan gigi malah rusak permanen.

Baca juga: Kelebihan Meratakan Gigi dengan Aligner Dibanding Behel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com