Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Para Ibu Juga Butuh Libur dari Aktivitas Rumah Tangga

Kompas.com - 22/12/2020, 10:33 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Setiap Hari Ibu di 22 Desember, media sosial dibanjiri ucapan-ucapan untuk para ibu.

Tak jarang sebagian orang juga sibuk mencari ide kado Hari Ibu lewat internet atau majalah.

Padahal, ketimbang barang-barang hadiah, mungkin yang benar-benar dibutuhkan kebanyakan ibu sebenarnya hanyalah satu, yakni istirahat sejenak dari aktivitas rumah tangga.

Laman Parents menulis, ketika dunia kini lebih melek terhadap kesehatan mental, seharusnya kejenuhan yang dihadapi para ibu juga tak ditinggalkan.

Sering kali ibu menjadi sosok utama yang memikul beban untuk menjalankan tugas-tugas rumah tangga dan mengurus anak selama 365 hari, hingga hal-hal terkecil.

Jika ibu melewatkan sedikit saja detail tugasnya, sering kali sesuatu itu menjadi tidak selesai atau kacau.

Menurut The Washington Post, selalu siap untuk anak-anak dan keluarga setiap saat dapat menyebabkan kelelahan pada para ibu dan membuat aktivitas harian terasa seperti sebuah tugas bagi mereka.

Itulah mengapa penting bagi ibu untuk mengambil hari libur yang nyata, tidak hanya di Hari Ibu, namun juga secara teratur.

Baca juga: 6 Ide Hadiah untuk Hari Ibu, Praktis dan Bermanfaat

Di Hari Ibu, tak ada salahnya jika kamu memberikan ibumu waktu untuk sejenak beristirahat dari rutinitasnya dan mengambil alih tugas yang biasa dikerjakannya.

Para ibu juga perlu mengingat untuk memerhatikan dirinya sendiri. Ingatlah bahwa "self-care is not selfish (merawat diri bukanlah sesuatu yang egois)".

Tak perlu merasa bersalah dan cemas, sebab beristirahat sejenak dan mengumpulkan kembali energi untuk beraktivitas juga akan berdampak baik bagi keluarga.

"Menjaga hari ke hari agar berjalan baik memberikan ibu sangat sedikit waktu untuk bersenang-senang, rileks, beristirahat, dan memiliki waktu jeda," ungkap Aimee Danielson, direktur Program Kesehatan Mental Wanita di Georgetown University Hospital, seperti dilansir The Washington Post.

Sekadar tidak diburu-buru untuk menyelesaikan tugas rumah mungkin sudah menjadi hadiah yang menyenangkan bagi ibu.

Bersantai di kedai kopi sambil membaca buku atau menjadwalkan spa juga bisa jadi hal-hal sederhana yang dilakukan di momen jeda tersebut.

Di hari libur ibu, suami juga bisa mengambil cuti dari pekerjaan kantor dan menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga dan membantu mengurus rumah tangga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com