Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Candil, Kafe Tutup karena Pandemi hingga Jualan Kopi Rocker

Kompas.com - 24/12/2020, 07:07 WIB
Reni Susanti,
Wisnubrata

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Siapa yang tak kenal Candil? Mantan vokalis band Seurieus ini terkenal dengan lagunya 'Rocker Juga Manusia'.

Lama tak terlihat, Candil menceritakan kegiatannya selama pandemi Covid-19. Dari mulai gagal membuka kafe hingga jualan Kopi Rocker (Koprock) bersama teman satu band-nya dulu, Dinar.

"Awal tahun 2020 kemarin buka kafe. Tempatnya dah ada, konsepnya dah oke. Pas mau interview pegawai, datang Covid-19," ujar pria bernama asli Dian Dipa Chandra kepada Kompas.com di Kopilatory Bandung, Rabu (23/12/2020).

Untungnya, sambung Candil, tempat yang dijadikan kafe merupakan milik temannya. Jadi, ketika kafe harus tutup, ia tidak menanggung kerugian yang begitu besar.

"Covid-19 gak terduga. Matematika orang gak akan masuk semua. Yang jalan matematikanya Tuhan," tutur pemeran She-man dalam film "The Tarix Jabrix".

Hingga tanpa diduga ia bertemu dengan mantan gitaris "Seurieus", Dinar. Mereka berdua kemudian merumuskan untuk membuat bisnis kopi.

Berbeda dengan artis umumnya, bisnis yang diluncurkan dua musisi ini adalah kopi dengan konsep gerobak. Bisnis tersebut mereka beri nama Koprock dengan tagline 'rocker juga ngopi'.

Mewakili karakter keduanya, kopi yang ditawarkan untuk sementara ada dua. Pertama, brownstone atau es kopi susu yang rasanya lebih light.

Kopi ini menggambarkan karakter Candil yang tidak begitu suka dengan kopi hitam. Kedua, blackmore atau kopi hitam (espresso) yang menggambarkan karakter Dinar.

Dengan konsep gerobak, harga kopi yang ditawarkan berada di bawah pasaran kafe sekitar Rp 12.000-15.000.

Meski harganya nyaman di kantong, bahan baku yang digunakan 100 persen kopi arabika yang digiling hingga gula aren.

Saat ini, Koprock bisa diperoleh di beberapa titik. Di Bandung, ada di Kopilatory di Jalan Cihampelas. Lalu di Cihanjuang dan Sariwangi. Selain Bandung, bisa pula didapat di Bintaro, Jati Asih, dan Garut.

Ke depan, brand Koprock ini akan dibuat franchise dengan harga yang tentunya terjangkau. Dengan cara ini, mereka berharap, orang-orang terdampak pandemi Covid-19 bisa kembali bangkit.

Single Baru

Kondisi pandemi Covid-19 ini juga dijadikan sebuah single lagu oleh Candil dan Dinar. Judulnya 'Cari Berkahnya Aja' yang akan dilaunching Januari 2021.

"Ceritanya tentang kondisi saat ini. Usaha apapun, ujung-ujungnya cari berkahnya aja," ucap Dinar.

Lewat lagu ini, Candil dan Dinar ingin menyemangati orang-orang untuk tidak berputus asa ataupun berkecil hati.

Baca juga: Cicipi, Aneka Sajian Kopi Anti Mainstream di Bandung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com