Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Ungkap Rencana Bikin Mobil Listrik di 2024, Penasaran?

Kompas.com - 25/12/2020, 16:30 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

Sumber REUTERS

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Apple Inc terus bergerak maju dengan berencana memproduksi mobil listrik sendiri pada 2024 mendatang.

Menurut Reuters, upaya yang dikenal sebagai Project Titan ini sudah berjalan sejak 2014, ketika pertama kali mereka mulai mendesain kendaraannya.

Seorang veteran Apple, yang pernah bekerja di Tesla Inc, Doug Field pun kembali pada 2018 untuk mengawasi proyek tersebut.

Menurut dua orang sumber yang enggan disebutkan namanya, perkembangan pesat Apple membuat perusahaan tersebut ingin mencoba membuat kendaraan bagi konsumen.

Tujuan Apple membangun kendaraan pribadi untuk pasar massal sangat kontras dengan saingannya, seperti Alphabet Inc.'s Waymo, yang telah membuat robo-taxi untuk mengangkut penumpang dengan layanan tanpa pengemudi.

Inti dari strategi Apple adalah desain baterai baru yang dapat "secara radikal" mengurangi biaya baterai dan meningkatkan jangkauan kendaraan.

Baca juga: The Apple Face Mask, Masker Wajah Kreasi Apple, Seperti Apa?

Rencana ini membuat Apple menghadapi tantangan baru dalam hal rantai pasok.

Meskipun perusahaan pembuat iPhone itu telah membuat ratusan juta produk elektronik setiap tahunnya dengan suku cadang dari seluruh dunia, tapi mereka tak pernah membuat mobil.

Bahkan, Elon Musk membutuhkan waktu selama 17 tahun sebelum akhirnya merilis mobil Tesla, yang dapat memberikan keuntungan berkelanjutan.

"Jika ada satu perusahaan di planet ini yang memiliki sumber daya untuk melakukannya, mungkin itu adalah Apple."

"Tapi di saat yang sama, ini bukan ponsel," kata seseorang yang mengerjakan Project Titan kepada Reuters.

Masih belum jelas siapa yang akan merakit mobil bermerek Apple itu.

Tetapi, sumber mengatakan mereka berharap perusahaan bergantung pada mitra manufaktur untuk membuat kendaraan.

Selain itu, ada kemungkinan Apple akan mengurangi cakupan upayanya dengan menjadi sistem penggerak otonom yang akan diintegrasikan dengan mobil yang dibuat oleh produsen mobil tradisional, alih-alih menjual mobil bermerek Apple.

Baca juga: Nike Tampilkan Corak Apple Green untuk Air Max 90 FlyEase Terbaru

Dalam proyek ini, Apple juga mungkin akan memanfaatkan mitra luar untuk elemen sistem, termasuk sensor lidar, yang memungkinkan mobil mendapatkan pandangan tiga dimensi terhadap jalan.

Mobil berkonsep self-driving atau tanpa pengenudi itu mungkin menampilkan beberapa sensor lidar untuk memindai jarak yang berbeda.

Beberapa sensor dapat diturunkan dari unit lidar yang dikembangkan secara internal Apple. Apalagi, model Apple iPhone 12 Pro dan iPad Pro yang dirilis tahun ini memiliki fitur sensor lidar.

Hingga berita ini ditulis, Apple menolak untuk mengomentari tentang rencana ini maupun tentang produk di masa depan.

Namun, dua orang yang telah mengetahui rencana Apple tersebut mengingatkan bahwa penundaan terkait pandemi Covid-19 dapat menyebabkan produksi baru dimulai pada 2025 atau lebih dari itu.

Baca juga: Apple Central World, Toko Ritel Apple di Bangkok yang Berdesain Unik

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber REUTERS
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com