Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Terapkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan di Tahun 2021

Kompas.com - 08/01/2021, 14:32 WIB
Inang Sh ,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada Maret 2020, berbagai macam aktivitas manusia terganggu. Bahkan, slogan yang kerap mencuat saat tahun baru “new year new me” seperti tampak tidak meriah, baik di percakapan sehari-hari atau di media sosial.

Slogan ini memang bukan tradisi wajib. Namun, slogan ini bisa menjadi pengingat dan momentum bagi pribadi-pribadi yang ingin menjadi lebih baik, sesuai dengan tujuannya masing-masing.

Tujuan-tujuan tersebut bisa dari memulai gaya hidup sehat, mewujudkan target finansial, atau sekadar menabung agar bisa travelling ke luar negeri. Harapan dan semangat itu biasa dikenal dengan resolusi.

Berbicara resolusi dan berkaca dari berbagai peristiwa yang terjadi pada 2020, tahun ini bisa jadi momen untuk berkontribusi membuat bumi menjadi tempat yang lebih baik. Sebab, virus corona, misalnya, ditengarai berawal dari kerusakan lingkungan.

Baca juga: Bukan Kebetulan, Virus Corona Muncul Akibat Ulah Manusia

Dikutip dari Kompas.com, Rabu (22/4/2020), Direktur Lingkungan Hidup USAID Indonesia Matthew Burton mengatakan, virus corona adalah contoh dari patogen yang berasal dari hewan dan bisa menular ke manusia.

“Sebagian besar virus tersebut menginfeksi hewan, tapi beberapa virus lain ditransmisikan kepada manusia. Hal ini menyebabkan wabah penyakit seperti SARS atau MERS,” tuturnya dalam diskusi bertajuk "Covid-19 and Our Relationship with Wildlife".

Matthew menyebut, kerusakan ekosistem berkaitan dengan peningkatan signifikan penyakit menular baru (emerging infectious disease) yang berasal dari satwa liar.

Untuk itu, menjaga kelestarian alam adalah salah satu solusi guna mencegah munculnya virus-virus baru, termasuk menghalau krisis iklim.

Baca juga: Eksploitasi Satwa Liar dapat Tingkatkan Transmisi Virus ke Manusia

Tidak perlu khawatir, menjaga lingkungan bukan hanya membersihkan sampah di pantai atau menanam pohon di hutan. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, mulai dari rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com