Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akankah Kamala Harris Mengenakan Kain Sari di Hari Pelantikan?

Kompas.com - 20/01/2021, 12:26 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber NDTV

KOMPAS.com - Inauguration Day atau Hari Pelantikan Presiden baru Amerika Serikat ditetapkan setiap 20 Januari. Menjelang acara tersebut warganet sibuk mendiskusikan mengenai apa yang bakal dipakai Wakil Presiden terpilih AS Kamala Harris pada pelantikannya.

Sebagai Wakil Presiden kulit hitam dan keturunan India pertama di negara itu, Harris diduga akan memakai kain sari, kain yang biasa dipakai wanita di negara India, Bangladesh, Nepal, dan Sri Lanka.

Memiliki panjang sekitar empat hingga sembilan meter, kain sari dikenakan di badan dengan berbagai macam gaya tanpa dijahit.

Spekulasi mengenai apa yang dikenakan Harris pada pelantikannya sudah tersebar luas bahkan sebelum Partai Demokrat memenangkan pemilihan.

Baca juga: 7 Drama Pelantikan Presiden AS: Ada yang Boikot, Meninggal, dan Salah Sumpah

Pada tahun 2019, di sebuah acara bernama One APIA Nevada, seorang penonton bertanya kepada Harris apakah dia akan memakai pakaian tradisional India jika terpilih sebagai presiden, seperti dilaporkan KTBS.

"Pertama menangkan dulu," jawab Harris sambil tersenyum kala itu.

"Ibu saya membesarkan kami dengan apresiasi yang sangat kuat atas latar belakang budaya dan kebanggaan kami. Perayaan yang kami ikuti terlepas dari bagaimana pelafalan nama belakang kami. Itu adalah keindahan dari siapa kami sebagai sebuah bangsa," tambahnya.

Sebagai catatan, ibunda Kamala Harris, Shyamala Gopalan, lahir di Chennai, India dan berimigrasi ke Amerika. Sedangkan ayahnya berasal dari Jamaika.

Baca juga: 3 Fakta Pelantikan Joe Biden-Kamala Harris

Persiapan jelang pelantikan Joe Biden pada Sabtu (16/1/2021). Seremoni diadakan di Gedung Capitol Hill tanggal 20 Desemner.AP PHOTO/PATRICK SEMANSKY Persiapan jelang pelantikan Joe Biden pada Sabtu (16/1/2021). Seremoni diadakan di Gedung Capitol Hill tanggal 20 Desemner.

Pesan tersembunyi

Mungkin, soal pakaian apa yang dipakai Harris di Inauguration Day tampak tidak penting.

Namun, ada anggapan jika dia mengenakan kain sari, dia dapat mengirimkan pesan terkait bagaimana pemerintahan Biden-Harris mewakili kaum minoritas dengan baik.

Dugaan Harris akan memakai unsur budaya India juga menguat karena twit perancang busana Bibhu Mohapatra.

"Madam VP @SenKamalaHarris, saya siap. Adalah suatu kehormatan untuk mendandani Anda," tulis perancang busana kelahiran Odisha, India, yang kini tinggal di New York itu.

Ilustrasi wanita India mengenakan kain sari.Shutterstock Ilustrasi wanita India mengenakan kain sari.

Namun, ada pula yang berpendapat jika Harris yang selama ini mengenakan pakaian formal tidak mungkin memakai kain sari.

"Saya memprediksi dia akan mengenakan sesuatu yang pantas, dan mungkin yang biasanya dia pakai, setelan jas. Dia menjadi sorotan publik selama bertahun-tahun, terutama di California, dan itulah yang dia pakai."

Halaman:
Sumber NDTV
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com