Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2021, 20:04 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak orang yang ingin kulitnya terlihat mulus seperti kulit bayi. Padahal, kulit bayi juga tak luput dari sejumlah masalah.

Menurut dr Armansjah Dara Sjahruddin, SpKK, masalah kulit yang sering terjadi pada bayi antara lain ruam popok, dermatitis atopik, dan dermatitis seboroik.

Bayi juga bisa mengalami pioderma atau kulit bernanah, keratosis piliaris (kulit kasar seperti kulit ayam), dan skabies (kudis).

Salah satu alasan yang membuat bayi bisa mengalami peradangan kulit karena kondisi kulitnya yang berbeda dengan orang dewasa.

Baca juga: Mengatasi Intertrigo atau Kemerahan pada Lipatan Kulit Bayi

Kulit bayi lebih tipis sehingga lebih mudah mengeluarkan penguapan cairan dalam tubuh. Selain itu, kulit bayi juga belum tumbuh dengan sempurna.

Dampaknya, fungsi kulit sebagai pertahanan atau pelindung tubuh dari suhu udara dan benda-benda yang menyentuhnya belum optimal.

"Dengan begitu kecenderungan terjadinya iritasi dan kulit sensitif pada bayi lebih tinggi dibandingkan dengan orang dewasa," kata dermatolog yang akrab disapa Dara itu.

Rangkaian produk baby care dari Momami.Sumber : Momami Rangkaian produk baby care dari Momami.

Produk perawatan

Dalam acara Momami Baby Care Virtual Launch, Kamis (21/1/2020), Dara mengungkapkan, masalah kulit pada bayi dapat diatasi dengan cara menjaga kebersihan dan memberikan produk yang tepat.

Namun sebelumnya, orangtua perlu mengetahui jenis kulit bayi. Sekadar informasi, bayi yang terlahir dari orangtua dengan riwayat asma, lebih rentan mengalami dermatitis atopik.

Baca juga: Putri Bungsu Mona Ratuliu Terkena Dermatitis Atopik, Apa Itu?

Kemudian, orangtua juga harus menjaga kondisi kulit bayinya selalu lembap. Salah satu caranya adalah memakaikan produk perawatan kulit khusus bayi.

Dara mengimbau agar orangtua lebih berhati-hati dan teliti sebelum memilih produk. Sesuaikan produk dengan kebutuhan kulit bayi dan gunakan produk yang mengandung bahan alami dan bebas bahan.

"Bahan kandungan untuk produk perawatan bayi lebih ke arah yang memberi nutrisi seperti aloe vera dan rice bran oil," ujar Dara.

Dia menambahkan, produk perawatan kulit yang setidaknya diberikan pada bayi adalah losion atau shooting cream.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com