Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Jalan Cerita Bridgerton di Serial Televisi dan Novel

Kompas.com - 25/01/2021, 13:56 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Musim pertama serial Bridgerton yang dirilis pada 25 Desember tahun 2020 menuai kesuksesan dan para fans tak sabar menanti kelanjutan kisahnya di musim kedua.

Serial ini merupakan adaptasi dari novel karangan Julia Quinn, yang menceritakan tradisi perjodohan yang marak terjadi di kalangan bangsawan Inggris pada era 1800-an.

Bridgerton season 1 sebagian besar didasarkan pada novel berjudul The Duke and I, dan pencipta serial ini menyebut musim itu adalah salah satu penggambaran cerita yang sangat akurat dari buku ke layar.

Elemen pada cerita di novel; seperti kecerdasan, karakter, rayuan, dan plot terlihat jelas pada serial Bridgerton, dengan detail tambahan untuk memaksimalkan cerita.

"Saya merasa akan selalu ada perbedaan dari materi asli dengan bentuk adaptasi apa pun, tetapi saya yakin penggemar buku akan melihat semua elemen yang mereka sukai di layar", kata Chris Van Dusen, produser serial Bridgerton kepada OprahMag.com.

Baca juga: Netflix Dipastikan Garap Serial Bridgerton Season 2

Upaya yang dilakukan Van Dusen terhadap pembuatan Bridgerton mendapat apresiasi dari penulis novel, Julia Quinn.

"Karakternya sangat sesuai dengan siapa mereka dan latar belakangnya sangat tepat," sebut Quinn kepada OprahMag.com.

"Saya ingat ketika saya membaca skrip pertama, dan saya lihat bagaimana mereka melakukan beberapa hal untuk menyusunnya berbeda dengan penekanan lebih besar pada Lady Whistledown dan menampilkan Ratu Charlotte."

"Jelas bagi saya bahwa mereka melakukannya dengan cara yang sangat sempurna," tutur dia.

Kendati demikian, ada beberapa perbedaan antara serial Bridgerton di Netflix dengan novel yang ditulis Quinn.

Baca juga: Deretan Tempat Cantik di Bridgerton, Serial Klasik Netflix yang Tengah Naik Daun

1. Pertemuan antara Daphne dan Simon

Karakter Daphne dan Simon dipertemukan secara tidak sengaja oleh Nigel Berbrooke. Namun, di novel dan serial televisi, cerita di balik awal pertemuan keduanya berbeda.

BRIDGERTON (L to R) PHOEBE DYNEVOR as DAPHNE BRIDGERTON in episode 103 of BRIDGERTON Cr. LIAM DANIEL/NETFLIX © 2020Liam Daniel/NETFLIX BRIDGERTON (L to R) PHOEBE DYNEVOR as DAPHNE BRIDGERTON in episode 103 of BRIDGERTON Cr. LIAM DANIEL/NETFLIX © 2020

Dalam episode pertama serial Bridgerton, Daphne secara tidak sengaja menabrak Simon setelah mencoba melarikan diri dari Berbrooke.

Sedangkan, di novel The Duke dan I, Simon bersembunyi dan menguping saat Daphne menolak Berbrooke. Dia muncul setelah Daphne memukul Berbrooke karena menjadi terlalu agresif. Peristiwa yang ditulis di novel ini diceritakan belakangan di episode 2 serial tersebut.

Baca juga: Regé-Jean Page, Bintang Bridgerton yang Curi Perhatian

2. Duke of Hastings tidak mendalami olahraga tinju

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com