Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/01/2021, 20:27 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gangguan seksual termasuk dalam salah satu masalah kesehatan yang dialami pria paruh baya. Misalnya saja kesulitan mempertahankan ereksi atau libido rendah. Akan tetapi, bukan berarti rendahnya gairah seks tidak dapat diperbaiki.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter untuk mencari masalah kesehatan yang menyebabkan kehidupan seks tak lagi sehangat sebelumnya.

Selain itu, ada beberapa tips mudah yang bisa diikuti untuk menikmati kehidupan seks yang lebih aktif saat sudah melewati usia 50 tahun.

1. Pertimbangkan untuk pengobatan

Bagi yang menderita disfungsi ereksi, pil resep dari dokter bisa sangat efektif untuk meningkatkan kembali gairah seksual dan mempertahankan ereksi. Sebaiknya hindari membeli "obat kuat" yang tidak jelas kandungannya.

Baca juga: Tak Perlu Obat, Ini 6 Cara Alami Atasi Masalah Disfungsi Ereksi

2. Jangan berasumsi sendiri

Penurunan gairah seks bisa jadi terkait dengan hormon. Untuk masalah ereksi, akan membantu jika kita memeriksakan testosteron. 

Tapi kecuali jika kita benar-benar mengunjungi dokter, jangan berasumsi sendiri lalu memesan obat hormon sembarangan. Selalu lebih baik menerima pendapat dokter tentang hal-hal seperti ini.

3. Konsultasi akan membantu

Libido rendah dan disfungsi ereksi bisa membuat kita depresi secara emosional. Karenanya, konseling psikologis bisa menjadi pilihan yang baik.

Penting untuk mempertimbangkan kemungkinan masalah psikologis yang merusak kehidupan seks.

Stres, kecemasan, dan masalah hubungan dengan istri dapat berkontribusi besar pada turunnya gairah seksual secara drastis.

Baca juga: Kaitan Obesitas dengan Gairah Seks Menurun, Sudah Tahu?

4. Bicarakan pada pasangan

Terkadang yang diperlukan adalah berbicara terus terang kepada pasangan dan mencoba berkompromi untuk memenuhi kebutuhan seksual bersama pasangan.

Keintiman dan kesenangan bisa dialami dengan banyak cara selain hubungan seksual. Kita mungkin ingin bereksperimen dengan bentuk stimulasi manual, lisan, atau mekanis untuk memenuhi kebutuhan satu sama lain.

IlustrasiThinkstock/Shironosov Ilustrasi

5. Luangkan waktu untuk bercinta

Begitu pria mulai menua, tekanan dan stres dalam kehidupan sehari-hari dapat mengaburkan kehidupan seks.

Sangat penting menyisihkan waktu untuk memelihara hubungan dan membina keintiman yang berkelanjutan antara kita dan pasangan.

Ketika kita secara sadar mulai menyisihkan waktu untuk bercinta, kita dapat menikmati hubungan intim yang sehat bahkan ketika sudah berusia 70-an atau 80-an.

Baca juga: 7 Masalah yang Bikin Perempuan Sulit Orgasme Saat Bercinta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com