Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Makanan yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kompas.com - 02/02/2021, 09:43 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sistem kekebalan tubuh dapat menggunakan semua bantuan yang bisa didapatkannya agar tetap optimal menjaga tubuh dari berbagai ancaman. Terutama saat musim flu menyerang atau ketika pandemi seperti saat ini.

Selain mempraktikkan kebiasaan sehat seperti tidur yang cukup dan olahraga, kita dapat menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi.

Nah, berikut ini terdapat tujuh makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, seperti yang dilansir dari laman Everyday Health.

Baca juga: Kenali Manfaat Pangan Fungsional untuk Daya Tahan Tubuh

1. Makanan laut

Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam beberapa jenis ikan seperti salmon, sarden, ikan haring, dan makarel dapat membantu meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan tubuh.

Hal tersebut diungkapkan oleh Erin Palinski-Wade, RD, penulis buku "2-Day Diabetes Diet" dan konsultan untuk Swisse Wellness yang berbasis di New Jersey, AS.

DHA, sejenis omega-3, dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih, yang semakin memperkuat kekebalan tubuh.

Baca juga: 10 Seafood Paling Mahal di Dunia, Ada Ikan Seharga Rp 250 Juta-an

2. Makanan berprotein tinggi

National Institutes of Health (NIH) mencatat, seng atau zinc adalah mineral yang berlimpah dalam daging seperti tiram, unggas, makanan laut, daging sapi, dan domba.

Seng bekerja dengan protein yang ditemukan dalam daging untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Menurut ulasan yang diterbitkan pada Desember 2016 dalam Arsip Biokimia dan Biofisika, jenis sel kekebalan tertentu, termasuk sel darah putih tidak dapat berfungsi tanpa seng.

Ahli nutrisi yang berbasis di Charlotte, North Carolina, McKenzie Caldwell, MPH, RDN menyarankan kita mendapatkan protein dari daging tanpa lemak.

Baca juga: Vitamin C Tingkatkan Penyerapan Zat Besi

Ilustrasi tiram. PIXABAY/YING-PIN PAO Ilustrasi tiram.

Sementara bagi vegan atau vegetarian, bisa mendapatkan protein melalui tempe atau tahu untuk tetap dapat menjaga daya tahan tubuh.

Porsi harian yang direkomendasikan (atau jumlah minimum yang dibutuhkan) untuk protein adalah 0,8 gram per kilogram berat badan. Untuk pilihan yang paling sehat bagi jantung adalah protein tanpa lemak karena rendah kalori.

Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute, protein tanpa lemak memiliki 55 kalori dan 2-3 gram lemak per porsi. Contohnya, 1 ons daging ayam tanpa kulit, 1 ons daging sapi panggang, dan keju rendah lemak yang memiliki maksimum 3 gram lemak.

Baca juga: 11 Protein Terbaik untuk Perempuan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com