Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/02/2021, 15:06 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Nike baru saja mengumumkan inovasi terbarunya yang mencuri perhatian yakni Go FlyEase. Namun tampaknya merek alas kaki ternama itu tak mau berpuas diri.

Sambil menunggu Go FlyEase tersedia di pasaran, akhir bulan ini Nike secara resmi meluncurkan sneaker terbaru yang diberi julukan Cosmic Unity. 

Sebelum diluncurkan, desain sneaker telah lebih dulu bocor. Kendati demikian, Cosmic Unity tetap menarik untuk dibahas. Ini adalah sneaker pertama untuk proyek keberlanjutan.

Sneaker ini merupakan bagian dari inisiatif keberlanjutan "Move to Zero".  Sneaker memadukan material ramah lingkungan dengan teknologi yang berkualitas tinggi. Sebanyak 25 persen bagian sneaker yang bisa digunakan untuk bermain basket diproduksi menggunakan bahan daur ulang.

Baca juga: Nike Air VaporMax 2020 FlyKnit Pakai bahan Daur Ulang

Bahan daur ulang digunakan pada sockliner, tali sepatu, dan efek marmer yang digunakan pada logo Swoosh.

Selain itu, sneaker memiliki bagian atas yang diproduksi dari benang kabel daur ulang. Sedangkan untuk Zoom Air Strobel sebagian besar dibuat menggunakan bahan daur ulang.

Sol karet pada sneaker dirancang dengan menggunakan material sesedikit mungkin. Caranya membuat sol lebih tipis dan lubang dalam desain herringbone tradisional.

Sedangkan bagian atas Cosmic Unity dibuat menggunakan proses manufaktur aditif yang mirip dengan pencetakan 3D.

Nike mendeskripsikan teknik ini sebagai inovasi sulaman untuk menghindari limbah. Dengan lebih sedikit limbah artinya semua bahan digunakan seoptimal mungkin.

Baca juga: Nike Perkenalkan Sneaker Ramah Lingkungan, Challenger OG Mean Green

Senior Creative Director untuk Performance Footwear di Nike, Ross Klein angkat bicara terkait sneaker Cosmic Unity.

"Kami bertanya kepada diri sendiri suatu pertanyaan yang memandu proses ke masa depan. Dapatkah kami menghasilkan produk yang membuat atlet dan dunia menjadi lebih baik," katanya seperti dikutip Hypebeast.

Klein menambahkan,"Kami ingin menciptakan sinergi antara menjadikan dunia lebih baik dengan langkah yang akan dilakukan sekaligus memberikan dampak bagi para atlet untuk tampil di level yang lebih tinggi."

Seri pertama sneaker Cosmic Unity pertama yang berwarna "Green Glow" akan dirilis melalui situs resmi Nike pada 26 Februari.

Kemudian desain "Amalgam" dan "Space Hippy" akan menyusul masing-masing pada 7 Maret dan 12 Maret. Sneaker dibanderol dengan harga 150 dollar AS atau sekitar Rp 2,1 juta.

Baca juga: Nike Air Force 1 Crater, Sneaker dari Bahan Daur Ulang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com