Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Netizen Beri Dukungan ke Dokter Richard Lee Hingga Ajukan Petisi

Kompas.com - 06/02/2021, 17:19 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perseteruan dokter kecantikan Richard Lee dengan selebgram Kartika Putri memasuki babak baru. Beberapa hari lalu, dokter yang sering mengulas produk kosmetik itu datang ke Polda Metro Jaya untuk memenuhi panggilan polisi.

Richard dilaporkan oleh Kartika Putri terkait kasus pencemaran nama baik. Kasus ini bermula saat Richard mengatakan produk yang di-endorse oleh Kartika Putri adalah kosmetik berbahaya.

Meski demikian, Richard merasa tidak bersalah karena mengaku hanya ingin memberikan edukasi kepada publik.

Saat diwawancarai sehabis memenuhi panggilan, Richard mengaku pernah bertemu dengan Kartika Putri dan tiga kali menyampaikan permintaan maaf.

Baca juga: Trending di Twitter, Berikut Profil Dokter Richard Lee

Namun tampaknya hal itu tak berpengaruh untuk Kartika Putri. Lewat kuasa hukumnya, dia tetap melaporkan Richard ke polisi.

Tindakannya ini memancing reaksi dari masyarakat, khususnya pengguna media sosial. Sejak siang hingga berita ini dibuat, tagar #Selamatkan Dokter Richard menjadi trending topik di Twitter.

Para pengguna menuliskan cuitan yang mendukung Richard. Bahkan sampai ada petisi online yang ditujukan untuk Presiden Joko Widodo dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo agar menyelamatkan Richard.

Pemilik akun @LongblackN mengungkapkan dokter Richard Lee telah memberi edukasi tentang produk skincare yang bagus dan yang bukan.

Senada dengan akun tersebut, akun @RafiL**7 juga menyatakan dukungan.

"Beliau mengajarkan dan membagi ilmu tentang cream yang aman, cantik yang sehat,selamatkan beliau dari orang yg sok pintar itu. Selamatkan dokter Richard," tulisnya.

Lalu ada akun @iicca** yang menulis, "Yuk dibantu, dia aja udh ngebantu bnget soal dunia perskincarean buat para cwe, biar kita bisa tetap belajar & glowing sehat."

Sementara itu, petisi online yang dibuat untuk mendukung Richard dengan judul "Selamatkan tokoh penyelamat kaum wanita Indonesia", telah ditandatangani lebih dari 24 ribu orang dari target 25 ribu.

Dukungan juga datang di situs petisi online. Banyak yang memberikan semangat dan berharap Richard tidak gentar untuk memberikan edukasi terkait produk kosmetik berbahaya.

Baca juga: Dokter Richard Lee, Kartika Putri, dan Sejumlah Hal yang Perlu Diketahui Seputar Skincare...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com