Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/02/2021, 12:32 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kebiasaan membersihkan dan mendekorasi rumah menjelang Imlek bisa menjadi kesempatan untuk menata ulang suatu ruangan.

Menurut ahli feng shui Thierry Chow, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menata ruangan agar bisa menciptakan keberuntungan.

Baca juga: Mengenal 8 Makanan Khas Imlek dan Makna di Baliknya

Demi menciptakan keseimbangan dan harmoni dalam suatu ruang, ahli feng shui dari Hong Kong itu berbagi lima tips menata ruang.

1. Perhatikan petunjuk arah ruangan

Di tahun kerbau, petunjuk arah terbaik untuk ruangan adalah sudut barat, sudut timur laut, dan sudut timur.

Sudut barat sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran. Jadi, gunakan area di sudut barat untuk tidur, istirahat, serta bekerja.

Tempatkan warna-warna cerah dan ceria di sudut tersebut untuk meningkatkan energi yang baik.

Ruangan di sudut timur laut bagus untuk hubungan.  Tempatkan motif bunga dengan warna merah, merah muda, atau ungu untuk merangsang energi baik dalam hubungan pribadi.

Kemudian, di sudut timur ideal untuk karier dan studi. Tempatkan tanaman berdaun hijau di area ini untuk peningkatan dalam pekerjaan dan pendidikan.

Baca juga: 9 Tanaman Hias yang Cocok untuk Rayakan Imlek Menurut Feng Shui

Sudut utara dan tenggara tidak menguntungkan di tahun ini. Jadi hindari menggunakan area tersebut untuk melakukan suatu kegiatan, karena ada kelemahan.

Tempatkan peralatan logam di sudut-sudut tersebut untuk meminimalkan energi negatif. Benda logam yang bisa dipilih antara lain jam atau mangkuk tembaga.

2. Buka penghalang Qi

Dalam konsep budaya Tionghoa, Qi berkaitan dengan kekuatan hidup atau kekuatan spiritual. Di rumah, Qi perlu "mengalir" dengan lancar.

Untuk melancarkan aliran Qi, posisikan furnitur di rumah layaknya sungai. Selain itu, pindahkan furnitur yang bisa menyumbat aliran ke suatu ruang.

Misalnya benda-benda yang berantakan di depan pintu masuk atau lorong. Maka bereskan benda di ruang tersebut setiap beberapa bulan dan simpan dengan rapi.

Lalu kamar yang pengap. Cobalah untuk menciptakan aliran dan sirkulasi udara di dalam ruang. Buka jendela untuk memungkinkan udara segar dan sinar matahari alami masuk.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com