Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Menabung tapi Gaji Kecil? Begini Caranya...

Kompas.com - 23/02/2021, 10:35 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com -Menabung kerap kali menjadi lebih mudah diucapkan daripada dilakukan - bahkan jika kita sedang memiliki banyak uang.

Namun, ketika penghasilan rendah atau hidup dengan gaji yang hanya cukup untuk membayar tagihan, menabung tentu menjadi hal yang jauh lebih sulit.

Untungnya, ada cara efektif dan cerdas untuk mengubah hubungan kita dengan uang dan mulai menabung, tanpa harus menunggu mendapat gaji besar.

Baca juga: 5 Langkah Menerapkan Kakeibo, Seni Menabung Ala Orang Jepang

“Untuk orang-orang yang merasa kewalahan saat ini, dan mencoba menemukan cara untuk menabung, penting untuk diingat bahwa ini bukan tentang penghasilan."

"Ini lebih tentang bagaimana mengelola apa yang sudah kita miliki,” kata Bola Sokunbi dari Clever Girl Finance, salah satu platform keuangan pribadi terbesar untuk wanita.

“Lagi pula, kebiasaan ini harus dibangun untuk membangun kekayaan ketika kita sudah menghasilkan lebih banyak uang di masa depan,” lanjut dia.

Namun, bagaimana kita bisa menyisihkan uang, ketika gaji yang kita hasilkan terasa kecil dan bahkan kurang untuk kehidupan sehari-hari?

Menurut Bola Sokunbi, kuncinya adalah melakukan sedikit demi sedikit. Bahkan hal terkecil yang dapat kita sisihkan setiap minggu dapat membuat perbedaan besar seiring berjalannya waktu.

“Tengok kebiasaan belanja kita saat ini, dan melihat apakah ada peluang dalam anggaran tersebut untuk dikurangi,” kata Sokunbi.

Baca juga: Sulit Menabung? Coba Perhatikan Solusi Ini...

"Tanamankan pengertian, saya sedang melalui masa yang sulit sekarang, tapi saya ingin keuangan saya baik,” sebut dia lagi.

Berkomitmen menabung Rp 10.000 misalnya, akan terasa jauh lebih ringan ketimbang membayangkan untuk menabung uang ratusan ribu sekaligus dalam sebulan.

“Dan tidak ada salahnya menabung dalam jumlah kecil,” kata Sokunbi.

Biasanya, saat kita membiasakan diri untuk secara otomatis menyimpan sebagian kecil dari gaji sebagai tabungan, maka kita akan terbiasa memperhatikan dengan teliti cara kita membelanjakan uang.

Baca juga: Mengapa Wanita Usia 20 Jarang Menabung?

Adakah biaya yang dapat kita potong? Misalnya, biaya keanggotaan pusat kebugaran yang tak terpakai selama masa pandemi Covid-19. 

Atau, kita bisa mengurangi biaya beragam aplikasi/layanan bulanan?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com