Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deadline Mepet? Ini Dia Caranya Agar Pekerjaan Selesai Tepat Waktu

Kompas.com - 23/02/2021, 12:47 WIB
Rekata Studio,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Annisa Ardiani, Content Writer Rekata

Kata deadline atau tenggat waktu adalah salah satu kata yang paling menyeramkan, baik itu bagi yang masih pelajar maupun yang sudah bekerja. Seringkali, deadline yang diberikan tidak masuk akal sehingga kita mau tidak mau bekerja mepet tenggat waktu.

Jika tidak memenuhi deadline, ada ancaman yang menunggu. Untuk yang sedang belajar, tugasmu bisa tidak diberikan nilai. Untuk yang sudah bekerja, gajimu akan terancam. Atau yang lebih parah lagi, kariermu yang bisa terancam alias kamu akan dipecat.

Baca juga: Selalu Stres Hadapi Deadline, Bagaimana Solusinya?

Bagaimana caranya bisa tetap memenuhi tugas dengan deadline yang mepet? Berikut adalah tips untuk kamu yang sedang dikejar deadline:

1. Buat strategi dan timeline untuk menyelesaikan tugas tepat waktu
Ketika menghadapi deadline yang mepet, kamu butuh memikirkan strategi dan membuat timeline untuk mengerjakannya. Selain agar lebih terstruktur, kamu jadi lebih termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

2. Fokus untuk menjalankan pekerjaan sesuai timeline
Setelah membuat timeline, fokus untuk menjalankan tugasmu sesuai jadwal yang kamu buat. Hindari hal-hal yang bisa mendistraksimu dalam menyelesaikan tugas, seperti media sosial, ajakan hangout teman, dan yang lainnya.

3. Minta bantuan orang-orang yang kamu percaya
Jika kamu kewalahan, jangan sungkan untuk meminta bantuan teman atau mendelegasikan pekerjaan ke rekan kerja yang kamu percaya! Sesedikit apapun bantuan mereka, pastinya bisa membuat pekerjaan kamu lebih ringan.

Baca juga: Jangan Resign Sebelum Dapat Pekerjaan Baru, Kenapa?

4. Lakukan sekarang, jangan ditunda-tunda
Sudah deadline-nya mepet, jangan menunda pekerjaan! Segera selesaikan tugasmu agar bisa selesai tepat waktu. Bahkan jika bisa selesai lebih cepat, kamu bisa mempunyai waktu ekstra untuk beristirahat.

5. Tetap tenang dalam mengerjakan tugas
Meski dikejar deadline, jangan panik dan tetap tenang. Jika panik, kamu tidak akan bisa berpikir jernih dan emosi menjadi tidak stabil. Bahkan, kamu bisa mengacaukan semua rencana yang sudah kamu buat di awal.

Novel ?Boyband? karya Felis Linanda.Dok Rekata Studio Novel ?Boyband? karya Felis Linanda.

Kamu bisa juga mencontoh cara Dufei menyelesaikan tugas tepat waktu dalam novel “Boyband” karya Felis Linanda. Dufei adalah seorang manajer boyband di agensi bernama The One Management di Taipei, Taiwan.

Ia ditugaskan untuk mengelola boyband yang baru akan debut. Namun sialnya, 2 dari 5 personel terkena skandal pemukulan di salah satu kelab malam yang membuat kedua personel tersebut dipecat.

Kejadian tersebut membuat Dufei resah. Pasalnya, boyband tersebut akan debut 3 minggu lagi dan ia harus menemukan pengganti personel dalam waktu 2 minggu. Jika tidak berhasil, ia diancam akan dipecat juga. Bagaimana cara Dufei menghadapi deadline ini?

Baca juga: Rahasia Kulit Flawles Anggota Band Korsel BTS

Penulis dari novel ini, Felis Linanda, adalah salah satu pemenang dari The Writers’ Show 2020. Setelah menjadi pemenang, Felis berkesempatan untuk menerbitkan naskahnya menjadi novel bersama Grasindo. Kamu bisa memesan novel “Boyband” di https://www.gramedia.com/products/boyband-your-dream-is-yours dan mengakses e-book-nya di Gramedia Digital.

The Writers’ Show (TWS) adalah kompetisi menulis novel, kumpulan cerpen, dan kumpulan puisi di mana pesertanya dipilih melalui seleksi naskah yang dikirimkan.

Para peserta yang terpilih akan mendapatkan kesempatan untuk mentoring bersama editor profesional penerbit Gramedia group. Jika memenangkan kompetisi, naskah peserta akan diterbitkan oleh penerbit Gramedia group secara cetak dan digital.

Ketinggalan TWS tahun lalu? Tenang saja, TWS akan kembali lagi di tahun 2021. Ikuti terus Instagram @gwp.id untuk tahu detail selanjutnya!

 Baca juga: Gramedia Tebar Promo, Ada Diskon 90 Persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com