Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/03/2021, 09:09 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Jika membahas soal fungsi dan fitur, jam tangan G-Shock mungkin terhitung sebagai merek arloji yang tak mengalami perubahan yang signifikan sejak pertama kali diluncurkan lebih dari 35 tahun silam. 

Sejak awal, arloji ini dikenal karena fitur utamanya sebagai jam tangan tahan banting, tahan getaran, dan tahan tekanan di kedalaman air.

Baru dalam tempo beberapa tahun terakhir, G-Shock mencoba merambah masuk ke segmen jam tangan pintar (smartwatch) yang telah lebih dulu dilakukan merek-merek lain.

Baca juga: G-Shock Gandeng AL Kerajaan Inggris Bikin Arloji Frogman, Apa Istimewanya?

Selebihnya, yang ditawarkan G-Shock adalah tampilan unik dan berbeda, dengan kombinasi-kombinasi warna yang khas, hingga membuat jam tangan ini menjadi ikon gaya hidup bagi penikmatnya.

Warna bezel dan strap adalah fitur yang kerap dimodifikasi oleh G-Shock demi mendapatkan tampilan yang khas, mengikuti selera setiap penggemar.

Maka tak heran, jika jam tangan ini hampir selalu diproduksi dalam beragam pilihan colorway untuk satu tipe yang sama, meski dengan fitur yang tak beda.

Belum lagi dengan pilihan kreasi hasil kolaborasi dengan merek lain, atau pun produk-produk limited edition bertema tertentu. 

Baca juga: Jam Tangan G-Shock Frogman Terbaru Ubah Tampilan Jadi Analog

Strategi itulah yang selama ini menjadi kekuatan G-Shock untuk tetap merebut hati para penikmat jam tangan di dunia.

"Tembus pandang"

.CASIO VIA HYPEBEAST .
Nah, kreasi terbaru pun kini dibuat G-Shock dengan menawarkan sejumlah varian jam tangan dengan pilihan cangkang dan strap transparan, alias tembus pandang.

Gaya ini sebenarnya sudah lebih dulu dibuat oleh para pembuat komponen tiruan G-Shock. 

Ya, para pembuat strap dan bezel "aftermarket"  sudah lebih dulu membuat variasi transparan semacam ini.

Cuma secara fisik, strap dan bezel "KW" semacam itu biasanya terasa lebih kaku, mudah pudar, dan kerap kurang presisi.

Meski demikian, tak sedikit penggemar G-Shock di Indonesia -msialnya, yang memakainya untuk jam G-Shock mereka, demi mendapatkan sensasi warna yang beda.

Seperti menangkap perkembangan itu, belakangan G-Shock mulai membuat sejumlah varian dengan menggunakan gaya serupa. Tentu dengan kualitas yang jauh lebih baik. 

Baca juga: Bahan Rapuh Kristal Safir Jadi G-Shock Tangguh di Tangan Kikuo Ibe

Seperti diberitakan laman Hypebeast.com, kabar terbaru menyebutkan G-Shock telah merilis "Paket Transparan", dari sejumlah siluet jam tangan "best seller"-nya.

Ada enam varian jam tangan ikonik yang populer dengan bezel resin dan tali jam dalam pilihan warna putih transparan dan abu-abu transparan.

Arloji-arloji tersebut dimasukkan sebagai bagian dari "keluarga" SKE G-Shock.

Seri "transparan putih" mencakup varian DW5600, GA700 dan GA2100. Sedangkan seri "transparan abu-abu" mencakup varian GA2000, GA900 dan GA110.

Jam tangan tembus pandang ini dipasarkan mulai dari harga 110-130 dollar AS atau kira-kira antara Rp 1,6-1,9 juta per buah, dan tersedia di situs web G-Shock.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com