Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Sederhana Mengetahui Jenis Kulit Wajahmu dengan Kertas Minyak

Kompas.com - 04/03/2021, 08:08 WIB
Roderick Adrian Mozes,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Memahami jenis kulit wajahmu menjadi salah satu tahapan penting sebelum menentukan perawatan kulit yang tepat.

Praktisi kesehatan kulit, dr. Yessica Tania atau kerap dipanggil dr. Zie berbagi tips sederhana untuk menentukan jenis kulit wajahmu.

“Sebenarnya cara yang paling akurat adalah konsultasi ke dokter kulit, tapi kita bisa melakukan screening awal sendiri di rumah dengan menggunakan kertas minyak”, kata dr. Zie saat menjadi narasumber di program IG Live Kind of Talks di Instagram @my.kindoflife, Kamis (11/2/2021).

Sebelum menggunakan kertas minyak, dr. Zie menyarankan untuk mencuci wajah dengan menggunakan sabun. Setelah itu keringkan dan tidak menggunakan apa-apa dulu di wajah selama kurang lebih 1 jam.

“Setelah satu jam didiamkan ambil kertas minyak dan tempelkan pada beberapa bagian wajah yaitu di dahi, pipi, hidung, dan dagu," ujarnya.

Nah, jika kulitmu berjenis normal, biasanya yang tampak berminyak hanya di area hidung dan dagu. Jika jenis kombinasi, biasanya berminyak pada dahi, hidung, dagu dan pipi bagian tengah.

Wanita yang juga kerap memberikan edukasi kesehatan kulit di sosial media sejak Maret 2020 ini menambahkan, jika kulitmu jenis berminyak bisa dilihat dari perubahan warna pada seluruh kertas minyaknya, sedangkan jenis kulit kering hanya berminyak di area hidung.

Dari screening awal ini kamu bisa mulai berkonsultasi dengan dokter kulit dan menentukan jenis skin care yang seperti apa yang cocok untuk kulit wajahmu.

Baca juga: Tiga Langkah Mudah Mengetahui Jenis Kulit

Tips mengurangi minyak pada wajah

Selain itu dr. Zie juga berbagi tips bagaimana mengurangi minyak pada wajah. Menurutnya minyak berlebih pada wajah justru disebabkan mencuci wajah dengan sabun secara berlebihan.

“Jangan terlalu sering mencuci wajah dengan sabun. Banyak yang berpikir jika wajah berminyak harus sering dicuci dengan sabun, padahal ini salah karena justru menyebabkan produksi minyak pada wajah semakin banyak”, kata dr. Zie.

Dr. Zie menambahkan, mencuci wajah dengan sabun secara berlebihan justru membuat minyak alami yang seharusnya ada di wajah turut terangkat. Ketika terangkat, kulit memberikan sinyal kepada kelenjar minyak untuk memproduksi minyak.

“Sehari cukup maksimal 2 sampai 3 kali cuci wajah. Jadi biar kulit dan kelenjar minyak bisa menjalankan fisiologinya dengan normal, jangan kita ganggu agar tidak terganggu juga produksi minyaknya”, tutup dr. Zie.

Mau tahu diskusi lebih lengkap terkait kesehatan pada kulit? Yuk tonton obrolan lengkapnya di program Kind of Talks di Instagram @my.kindoflife.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kind of Life (@my.kindoflife)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com