Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makna #ChooseToChallenge yang Jadi Tema Hari Perempuan Internasional

Kompas.com - 08/03/2021, 13:36 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - International Women's Day atau Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 8 Maret memiliki makna khusus bagi perempuan di seluruh dunia.

Hari Perempuan Internasional menjadi momen untuk mendorong kesetaraan gender di masyarakat dan berkaitan dengan peran perempuan di berbagai aspek kehidupan.

Tak bisa dipungkiri jika hingga hari ini masih banyak perempuan yang dipandang sebelah mata, dibatasi, bahkan dipandang tidak bernilai.

Pada perayaan Hari Perempuan Internasional tahun ini PBB mengambil tema "Perempuan dalam kepemimpinan : Mencapai masa depan yang setara di dunia Covid-19".

Baca juga: Kumpulan Ucapan Hari Perempuan Sedunia yang Bikin Semangat

Tema ini diambil berkaitan dengan terpilihnya Kamala Harris sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat. Harris merupakan kulit hitam dan keturunan India pertama yang berhasil menduduki posisi tersebut.

"Kami membutuhkan representasi wanita yang mencerminkan semua wanita dan anak perempuan dalam keragaman."

Demikian kata Direktur Eksekutif Wanita PBB, Phumzile Mlambo-Ngcuka kepada BBC.

"Kami juga membutuhkan perempuan yang memiliki kemampuan di semua situasi, baik budaya, sosial, ekonomi, dan politik," tambahnya.

Adanya sosok representatif merupakan cara untuk memberi tahu masyarakat tentang kesetaraan gender yang nyata.

"Hal ini menjelaskan perempuan juga berperan dalam pengambilan keputusan, menunjukkan sesuatu yang setara, dan menguntungkan kita semua," kata Mlambo-Ngcuka.

Baca juga: Perjuangan Perempuan Mendapatkan Pengakuan di Mata Dunia

Peserta membawa poster saat aksi peringatan Hari Perempuan Internasional di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (8/3/2020). Aksi tersebut untuk mensosialisasikan pencegahan perkawinan anak guna menekan angka perkawinan usia dini yang masih marak terjadi.ANTARA FOTO/ARNAS PADDA Peserta membawa poster saat aksi peringatan Hari Perempuan Internasional di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (8/3/2020). Aksi tersebut untuk mensosialisasikan pencegahan perkawinan anak guna menekan angka perkawinan usia dini yang masih marak terjadi.

Berbeda dari PBB, situs resmi Hari Perempuan Internasional memiliki tema sendiri untuk perayaan tahun ini yakni #ChooseToChallenge.

Lewat tema tersebut, semua orang diminta untuk mengangkat telapak tangan setinggi-tingginya dan menunjukkan lewat potret di media sosial.

Hal ini menandakan orang tersebut ikut serta dan berkomitmen untuk menantang serta menyerukan ketidaksetaraan.

Baca juga: International Womens Day 2021, Kepemimpinan dan Kesetaraan Generasi

Sementara itu, sejumlah negara memiliki cara tersendiri untuk merayakan Hari Perempuan Internasional.

Di beberapa negara, hari ini dijadikan hari libur nasional dan biasanya penjualan bunganya akan meningkat selama tiga atau empat hari.

Kemudian di China, banyak perempuan diberi cuti setengah hari perayaan tersebut. PBB juga menyelenggarakan acara virtual untuk merayakan Hari Perempuan Internasional.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com