Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Bunga Telang, Tanaman yang Jadi Favorit Nadine Chandrawinata

Kompas.com - 09/03/2021, 12:40 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Artis Nadine Chandrawinata dikenal dengan gaya hidupnya yang dekat dengan alam. Terbaru, ia menikmati minuman segar hasil ekstrasi dari bunga telang, tumbuhan kaya manfaat yang ditanam di halaman rumahnya.

Dalam unggahan di akun Instagramnya, ia nampak berpose dengan segelas besar minuman berwarna biru keunguan. Bukan hanya itu, terdapat beberapa kuntum bunga dengan warna serupa di telapak tangannya.

Unggahan Instagram Nadine Chandrawinata mengkonsumsi minuman dari bunga telang Unggahan Instagram Nadine Chandrawinata mengkonsumsi minuman dari bunga telang
"Ini pohonnya, ini bunganya, ini minuman dinginnya. Selamat menikmati hasil tanam kasih sayang “Telang ND” dari #tamanND", demikian caption yang diunggahnya.

Bunga yang dipegang dan diolahnya jadi minuman itu adalah bunga telang, tanaman rumahan yang sudah lama jadi favorit untuk dikonsumsi.

Tanaman yang juga disebut dengan butterfly blue pea ini mudah ditanam di pekarangan. Sebelumnya tumbuhan merambat ini banyak dipakai sebagai pewarna alami makanan.

Baca juga: Tips Membuat Bunga Telang Rajin Berbunga

Namun, siapa sangka jika tanaman dengan nama latin Clitoria Ternatea ini mengandung antioksidan, peptida, flavonol dan masih banyak lainnya. Tak heran jika mengkonsumsinya mendatangkan berbagai manfaat. Apa saja itu?

  • Menurunkan gula darah

Bunga ini memiliki antioksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya resistansi insulin yang akan memicu diabetes. Konsumsi kembang telang secara rutin dapat menjaga kadar gula di dalam darah tetap stabil.

  • Mengatasi masalah pernafasan

Konsumsi bunga ini juga disarankan untuk penderita penyakit pernafasan seperti asma, batuk dan pilek. Kandungan antiasmatik di dalamnya dapat mengurangi iritasi di organ terkait dan bermanfaat sebagai antiekspektoran.

  • Mengobati diare

Ekstrak bunga ini dipercaya juga dapat mengobat diare berkepanjangan. Kandungan anti radang dan anti diare di dalamnya bisa menjadi penawar alami dari gangguan tubuh yang disebabkan oleh virus itu.

Baca juga: Tips Membuat Bunga Telang Rajin Berbunga

  • Mengatasi kerontokan rambut

Masalah rambut rontok dialami hampir semua orang. Jika memakai shampoo belum memberikan efek maksimal, coba konsumsi tanaman rambat ini.

Zat bioflavonoid di bunga ini bisa mengatasi kerontokan dari dalam tubuh juga mengurangi kemunculan uban.

  • Mengurangi tanda penuaan

Manfaat kembang ini juga bisa dirasakan untuk mengurangi tanda penuaan dengan meningkatkan kadar kolagen dan elastin di tubuh.

Keriput dan kerutan yang muncul seiring usia bisa sedikit tersamarkan jika rutin menikmati tanaman ini.

Baca juga: Nadine Chandrawinata: Selain Plastik, Sampah Puntung Rokok Juga Banyak Ditemukan di Laut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com