Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah, Cara Mengolah Bunga Telang Agar Manfaatnya Terjaga

Kompas.com - 09/03/2021, 14:03 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Konsumsi bunga telang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Namun pastikan pengolahannya tepat agar nutrisinya tetap terjaga.

Bunga ini mudah ditanam dan diolah sendiri. Namun kita tetap harus memperhatikan proses pengolahannya agar tidak merusak kandungan positif tanaman ini.

Cara paling mudah menikmatinya adalah dengan dijadikan teh. Bisa juga dengan mengolahnya menjadi minuman dingin menyegarkan seperti yang dilakukan aktris Nadine Chandrawinata.

Banyak yang meminum teh bungan telang dalam bentuk utuh dan kondisi segar. Meski demikian, bunga telang kering bisa lebih tahan lama untuk dijadikan campuran berbagai makanan atau minuman.

Namun apapun menu penyajiannya, hal terpenting adalah prosesnya harus tepat. Hasil riset dari Fakultas Farmasi, Universitas Wahid Hasyim menyebutkan ada dua cara terbaik untuk mengeringkan tanaman bernama latin Clitoria Ternatea ini.

Cek panduannya di bawah ini:

  • Pengeringan alami dengan sinar matahari

Bunga segar yang sudah dipetik dicuci bersih dengan air mengalir dan tiriskan di atas permukaan kertas yang bersih. Kemudian jemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih 2 hari.

Namun pastikan penjemuran hanya dilakukan hingga pukul 12.00 siang. Jika lebih dari itu, dikhawatirkan prosesnya malah akan merusak tanaman ini.

Selain itu, setiap helai bunga harus dihamparkan satu per satu. Jangan bertumpuk karena malah akan menimbulkan jamur yang menghilangkan manfaatnya.

  • Pengeringan dengan bantuan oven

Jika tak punya waktu luang untuk menjemurnya secara alami, bisa dikeringan dengan oven. Pilih hanya bunga dengan kuntum yang utuh untuk diproses dengan alat elektronik ini.

Cuci bersih bunga yang sudah dipilih dengan air mengalir lalu panggang dalam suhu oven 50 derajat Celsius. Proses pemanggangan bisa dilakukan selama dua jam untuk hasil terbaik.

Bunga telang yang sudah dikeringkan ini kemudian bisa disimpan di wadah tertutup. Karena prosesnya tanpa pengawet, jangan menyimpannya terlalu lama agar tidak layu kembali.

Cara menikmatinya juga cukup mudah. Hanya perlu diseduh dengan air panas dan siap diminum. Tambahan lainnya seperti madu, lemon dan gula juga bisa menambahkan kenikmatannya.

Bisa pula dicampur dengan nata de coco seperti yang dilakukan Nadine Chandrawinata agar pas diminum di siang hari yang panas.

Baca juga: 5 Manfaat Bunga Telang, Tanaman yang Jadi Favorit Nadine Chandrawinata

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com