Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penuh Nutrisi, Ketahui Apa Manfaat Moringa untuk Kulit

Kompas.com - 09/03/2021, 21:02 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.comMoringa oleifera atau di Indonesia dikenal sebagai daun kelor, merupakan tanaman yang memiliki banyak khasiat. Daun kelor diketahui sarat dengan nutrisi penting, termasuk protein, vitamin B6, vitamin A dan C, hingga zat besi.

Khasiat tanaman kelor sebenarnya sudah diketahui turun temurun, namun dalam beberapa tahun terakhir minyak dari tanaman ini mulai dipakai dalam produk-produk kecantikan.

Melansir berbagai sumber, tanaman kelor memiliki khasiat yang baik bagi kulit. Kandungan vitamin A (yaitu sumber dari retinol) di dalam tanaman ini mampu merangsang pergantian sel, mengurangi jerawat, hingga menyamarkan noda hitam di wajah.

Produk perawatan kulit dengan ekstrak moringa dari everShine.Dok everShine Produk perawatan kulit dengan ekstrak moringa dari everShine.
“Moringa memiliki kandungan antibakteri alami untuk mengusir bakteri pemicu inflamasi yang menyebabkan jerawat,” kata ahli kecantikan dari Joyful Skin Clinic, Dr Kemi Fab.

Baca juga: 7 Manfaat Kelor yang Sayang Dilewatkan

Manfaat dari ekstrak moringa ini bisa didapatkan di berbagai produk kecantikan, baik produk impor atau pun lokal.

Salah satu merek lokal yang memiliki seri moringa untuk perawatan kulit adalah everShine. Terdiri dari sabun muka, toner essence, hingga soothing gel.

“Selain daun kelor, kami juga menggunakan kunyit, jamur putih, dan lidah buaya,” kata CEO everShine, Mery, dalam siaran pers.

Ia menambahkan soothing gel dalam seri moringa ini memiliki beragam fungsi, mulai dari serum wajah, mengurangi stretch mark, hingga menenangkan kulit akibat sengatan sinar matahari.

Sementara itu, produk toner essence dari everShine ini juga mampu memberi kesegaran dan sensasi dingin sesaat setelah diaplikasikan.

Baca juga: Buat Obat Kumur dari Daun Kelor, 3 Siswi Raih Medali di Kompetisi Internasional

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com