Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 26/09/2022, 06:57 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tak ada salahnya mencuci sepatu olahraga dengan bantuan mesin cuci. Hanya saja tata caranya harus tepat agar tidak merusak sepatu kesayangan.

Sepatu olahraga dan sneaker biasanya kerap dipakai dalam aktivitas sehari-hari. Karena intensitas pemakaian yang tinggi maka sepatu tersebut lebih cepat kotor.

Debu, lumpur dan berbagai noda yang didapat di jalanan kerap menempel dan membuat sepatu tak nyaman dipandang. Kotoran tersebut juga lama kelamaan bisa membuat material sepatu rusak dan kualitasnya berkurang.

Mencuci sepatu secara rutin bisa dijadikan kebiasaan baik agar sepatu lebih tahan lama dan terjaga kebersihannya.

Jika tak punya waktu luang, bisa menggunakan mesin cuci agar lebih praktis.

Baca juga: Tanda Sepatu Olahraga Perlu Diganti

Jenn Lifford, pendiri Clean and Scentsible, brand produk kebersihan rumah ini mengatakan jika sepatu berbahan mesh dan kanvas bisa dibersihkan dengan mesin cuci.

Umumnya sepatu olahraga dan sneaker merupakan campuran bahan kanvas, kulit dan mesh. Karena itu tak ada salahnya memilih cara praktis ini. 

Namun bukan berarti kita serta merta memasukkannya ke mesin begitu saja. Perlu sedikit treatment awal untuk memastikan semua debu sirna.

Agar tak salah langkah, berikut panduan mencuci sepatu dengan mesin berdasarkan penulis buku The Home Decluttering Diet ini:

  • Hilangkan noda dan kotoran dari sepatu

Lakukan ini dengan menyikatnya tanpa air memakai sikat gigi atau sikat khusus sepatu. Cek seluruh permukaan dan bagian dalam sepatu untuk memastikan tak ada yang tertinggal.

Jika terdapat noda membandel bisa dibersihkan dengan deterjen khusus sepatu. Bisa pula menggunakan deterjen dengan kandungan yang lembut.

Baca juga: Trik Membersihkan Sepatu Kets Putih

  • Pisahkan tali dan aksesoris sepatu

Lepaskan tali sepatu dan aksesoris lainnya untuk dimasukkan ke kantong khusus sebelum dimasukkan ke mesin cuci. Bisa menggunakan kantong yang kerap dipakai sebagai wadah mencuci pakaian dalam.

Jika tidak memilikinya, bisa memanfaatkan sarung bantal sebagai wadah sepatu di dalam mesin. Tambahkan beberapa buah handuk sebagai penyeimbang berat agar mempermudah proses mencuci.

Ilustrasi mesin cuci.SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi mesin cuci.

  • Cuci dengan deterjen

Tambahkan sedikit deterjen dan air dingin ke mesin cuci kemudian pilih mode normal. Tidak perlu mencucinya terlalu lama karena kotoran yang membandel sebelumnya sudah dibersihkan secara manual.

Bisa pula menambahkan cuka untuk menghilangkan aroma tak sedap pada sepatu. Terakhir jemur sepatu sampai benar-benar kering sebelum memakainya kembali.

Sepatu yang rutin dicuci akan lebih tahan lama. Selain itu, sepatu yang bersih juga berdampak pada kebersihan kaki kita yang mengenakannya.

Baca juga: 8 Kebiasaan yang Bikin Sepatu Kulit Cepat Rusak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com