Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Hanya Telang, 5 Bunga Ini Bisa Dijadikan Minuman Berkhasiat

Kompas.com - 10/03/2021, 15:33 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bunga telang bukan satu-satunya tanaman yang bisa diolah menjadi minuman. Ada banyak pilihan edible flower lainnya yang bisa jadi asupan berkhasiat nan lezat untuk tubuh.

Masyarakat kini sedang gemar mengolah bunga telang menjadi minuman seperti teh. Ada pula yang menjadikannya minuman dingin seperti yang dilakukan oleh Nadine Chandrawinata.

Baca juga: 5 Manfaat Bunga Telang, Tanaman yang Jadi Favorit Nadine Chandrawinata

Namun banyak bunga pekarangan lainnya yang punya manfaat tak kalah baiknya. Praktik pengolahan bunga jadi bahan makanan sendiri bukan hal baru.

Dunia kuliner dan jamu sudah melakoninya sejak dulu. Hanya saja, ada beberapa jenis tanaman yang bisa diproses dengan mudah dan bisa dilakukan di rumah masing-masing.

Apa saja bunga yang dimaksud?

Baca juga: 5 Manfaat Bunga Telang, Tanaman yang Jadi Favorit Nadine Chandrawinata

  • Rosella

Bunga berwarna merah ini sekarang sudah banyak diproduksi sebagai sirup. Namun kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah agar kesegarannya terjaga.

Petik bunga yang rosella yang sudah mekar sempurna dan cuci dengan air bersih. Kemudian rebus dengan air mendidih sehingga berwarna kemerahan.

Air rebusan ini bisa langsung diminum dalam kondisi hangat atau dingin. Gula atau madu juga bisa ditambahkan untuk meningkatkan cita rasa.

Bunga ini kaya akan vitamin, fosfor, kalium dan nutrisi lainnya. Manfaatnya dapat menurunkan tekanan darah, hipertensi, menghambat kanker dan menyerap lemak jenuh.

Baca juga: Seduhan Herbal untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh

  • Mawar

Mawar bukan hanya cocok dijadikan kado Valentine namun juga berkhasiat jika dikonsumsi. Bangsa Indian menjadikannya campuran teh yang menghasilkan rasa manis cenderung pahit dan juga aroma yang harum.

Kandungan bunga ini dipercaya dapat meredakan inflamasi dan meredam rasa lapar. Selain itu, efeknya juga baik untuk meningkatkan kadar kolagen dan elastisitas kulit.

Ilustrasi teh mawarshutterstock Ilustrasi teh mawar

Penelitian di Taiwan juga menyebutkan jika teh mawar bisa menghilangkan rasa sakit yang muncul akibat kram menstruasi. Cara membuatnya juga cukup mudah yakni diseduh dengan air mendidih selama beberapa menit saja.

  • Melati

Melati adalah edible flower yang paling populer di Indonesia. Hal ini ada kaitannya dengan kebiasaan bintang legendaris Suzanna yang dipercaya mengkonsumsi melati segar untuk menjaga kecantikannya.

Sayangnya, sejauh ini belum ada riset yang bisa membuktikan klaim tersebut. Namun Badan Penelitian Pascapanen Jakarta membuktikan jika melati memiliki antioksidan yang tinggi jika dikonsumsi sebagai teh.

Kandungan benzil acetat dan methil salisilat di bunga berwarna putih bisa meningkatkan kerja otak. Selain itu, efeknya juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko diabetes.

Baca juga: 8 Manfaat Teh Melati yang Sayang untuk Dilewatkan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com