Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/03/2021, 10:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masalah pada perut kerap kali mengganggu kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Beberapa kasus mungkin membuat kita merasa lemas.

Sebelum kita memutuskan untuk memeriksakan diri ke dokter, ada baiknya jika mencoba pengobatan alami di rumah dengan menggunakan kunyit untuk meredakan masalah perut.

Berikut ini terdapat beberapa manfaat kunyit dalam membantu kita mengatasi masalah perut seperti yang dilansir dari laman The Healthy.

1. Meringankan mulas

Banyak dari kita mengalami mulas setidaknya sekali sebulan. Jika kita terus mengalaminya meskipun sudah menghindari alkohol, kafein, makanan berlemak, dan rokok, gunakan kunyit untuk pengobatan alami.

Sebuah studi di jurnal Systematic Reviews menemukan bahwa relawan yang makan satu sendok teh kunyit dua kali sehari, mengalami perbaikan fungsi kerongkongan dan usus besar, serta memulihkannya dari gangguan pencernaan dengan lebih cepat.

"Senyawa ampuh dalam kunyit juga meredakan masalah yang mendasari produksi asam dan empedu yang berlebihan," ungkap ahli nutrisi sekaligus penulis Turmeric for Health, Britt Brandon

"Sehingga, kunyit dapat membantu menghasilkan bakteri baik, meminimalkan bakteri jahat, dan meningkatkan kemampuan usus besar untuk menyerap nutrisi yang bermanfaat," sambung dia.

Baca juga: Dari Jahe hingga Kunyit, Ini 10 Pengobatan untuk Atasi Sakit Mag

2. Membantu pencernaan

Pencernaan adalah proses rumit yang melibatkan mulut yang mengeluarkan air liur, otot kerongkongan untuk memindahkan makanan, dan kandung empedu melepaskan empedu untuk memecah makanan.

"Karena ada begitu banyak organ dan fungsi yang terlibat dalam pencernaan, prosesnya dapat dengan mudah terganggu, terutama jika kita tidak mendapatkan cukup vitamin maupun mineral yang diperlukan untuk mendukung organ dan fungsinya," terang Brandon.

Alih-alih langsung melakukan perubahan pola makan untuk mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan, mulailah dengan menambahkan satu sendok makan kunyit ke dalam makanan setiap hari.

Vitamin, mineral, senyawa anti-inflamasi, antioksidan, dan serat kunyit akan membantu produksi asam, pergerakan otot, serta penyerapan nutrisi agar semuanya tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Selain itu, pastikan juga untuk menghindari makanan yang buruk bagi pencernaan.

Baca juga: 9 Makanan yang Ampuh Cegah Masalah Pencernaan

3. Mengurangi sakit perut

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com