Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Set Terbesar, Lego Seri Roman Colosseum Miliki 9.036 Bagian

Kompas.com - 15/03/2021, 07:38 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber UPI

KOMPAS.comLego seri Roman Colosseum yang terdiri dari 9.036 bagian secara resmi memecahkan rekor Guinness World Record sebagai set permainan susun balok terbesar.

Permainan ini dirilis pada November 2020 lalu, dan ditujukan sebagai pengisi waktu di kala pandemi. Terbukti, Rok Zgalin Kobe yang merupakan pimpinan desain seri ini bahkan perlu waktu setidaknya 30 jam untuk menyelesaikannya.

Ia sendiri mengakui sudah beberapa kali menyusun replika bangunan kebanggaan bangsa Italia itu. Setelah selesai dipasang, set ini memiliki tinggi 27 sentimeter dan lebar 52 sentimeter.

Jika dibandingkan, permainan bongkar pasang ini berukuran 300 kali lebih kecil dari ukuran aslinya. Pasalnya, ukuran bangunan yang terkenal sebagai arena gladiator ini memiliki panjang 189 meter dan lebar 156 meter.

Keistimewaan seri ini bukan hanya dari segi jumlah namun juga dari kemiripannya yang begitu detail. Kobe menjelaskan bahwa warnanya lebih kaya untuk menunjukkan usia bangunan tersebut.

Baca juga: Gunakan 150 Juta Lego, Diorama Lord of the Rings Pecahkan Rekor

Colosseum, salah satu sisa kejayaan Kekaisaran Romawi.Wikipedia Colosseum, salah satu sisa kejayaan Kekaisaran Romawi.

Bangunan ini telah lapuk di bawah matahari, jadi Lego memberikan lebih banyak warna untuk menunjukkan garis bangunan dan menonjolkan beberapa detail,” terangnya via UPI seperti dilansir pada Senin (15/03/2021).

Selain itu, desain mainan ini juga menonjolkan ciri utama bangunan yang ditujukan sebagai amphitheatre ini. Beberapa diantaranya yakni tata letak bangku yang berundak, lengkungan bangunan dan tangganya yang unik.

Lego berusaha sebisa mungkin menghadirkan visual Colosseum ketika selesai dibangun pada tahun 80 Masehi itu.

Jika tertarik memilikinya, set permainan ini dijual dengan harga 550 dollar AS atau setara dengan Rp 7,9 juta. Namun sejumalh e-commerce di Indonesia memasarkan mainan seberat 14 kilogram ini di kisaran harga Rp8,2 juta.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber UPI


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com