Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/03/2021, 19:22 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bukan hal yang mustahil bagi seseorang yang sudah cukup umur bila ingin menurunkan berat badan dengan cepat

Seorang ibu rumah tangga di Jorhat, Assam di India bernama Reepta Borthakur mungkin bisa menjadi inspirasi untuk siapa pun yang butuh menurunkan berat badan dengan cepat.

Wanita berusia 59 tahun itu berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 22 kg hanya dalam rentang waktu 4 bulan saja.

Sebelumnya, dia memiliki berat badan 77 kg dan sekarang berat badannya sudah turun menjadi 55 kg.

Niat untuk menurunkan berat badannya muncul ketika Reepta mengalami nyeri pada lutut yang parah, sehingga aktivitas sehari-harinya mulai melambat.

Di saat itulah dia menyadari sudah waktunya untuk menurunkan berat badan, serta menjadi lebih bugar dengan memperbaiki kebiasaan makannya.

"Saya memiliki masalah nyeri lutut dan sendi yang parah. Kenaikan berat badan selalu membuat saya merasa lelah sepanjang waktu dan saya merasa sulit berdiri, serta bekerja selama berjam-jam," ungkapnya.

"Maka, dokter menyarankan saya untuk menurunkan berat badan karena berat badan berlebih hanya akan menambah tekanan pada lutut saya," sambung dia.

Di samping itu, alasan lainnya dia menurunkan berat badan adalah karena merasa tidak percaya diri dengan kenaikan berat badannya tersebut.

Baca juga: Antara Olahraga dan Jaga Makan, Mana yang Efektif Turunkan Berat Badan?

Berolahraga di rumah

Karena pusat kebugaran atau gym tutup akibat pandemi Covid-19, Reepta melakukan berbagai jenis latihan sendiri di rumah. 

Setiap hari, dia berjalan selama satu jam atau melakukan zumba selama satu jam. Dia juga terlibat dalam berbagai bentuk latihan seperti kardio, naik-turun tangga, dan aerobik.

Penurunan berat badan hanya mungkin terjadi jika kita menggabungkan latihan yang benar dengan pola makan sehat dan mengontrol porsi makanan.

Seseorang harus mengurangi karbohidrat antara lain nasi putih, roti, serta gula rafinasi dan memperbanyak biji-bijian yang membantu mempercepat penurunan berat badan maupun mempertahankannya dalam jangka panjang.

Selain itu, seseorang juga harus berkonsentrasi untuk mengunyah makanannya dengan baik, minum air secukupnya, dan rutin berolahraga.

Baca juga: Cerita Perempuan Obesitas Turunkan Berat Badan Lebih dari 30 Kg

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com