Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Jitu Dapat Kerja, Fresh Graduate Perlu Tahu

Kompas.com - 17/03/2021, 09:20 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Beberapa bulan ke depan, satu angkatan kuliah lagi akan lulus dan para mahasiswa yang sudah lulus akan mulai mencari pekerjaan.

Mencari pekerjaan bisa menjadi momen yang sangat tricky buat kebanyakan lulusan baru. Beberapa orang mungkin sudah pernah bekerja sebelumnya, namun sebagian lainnya belum terlalu punya bayangan tentang kehidupan bekerja karena baru pertama kali akan melakukannya.

Kelompok kedua mungkin akan khawatir atau bingung jika lamaran kerjanya tidak direspons oleh perusahaan.

Nah, bagi kamu yang akan lulus kuliah alias menjadi fresh graduate atau sudah lulus namun masih mencari pekerjaan, berikut kiat jitu dapat kerja seperti disampaikan oleh JobStreet:

1. Membuat CV yang baik

Sepele, tetapi masih banyak orang yang belum memerhatikan kelayakan Curriculum Vitae (CV) yang dikirimnya saat melamar kerja.

CV adalah salah satu dokumen paling penting yang dibutuhkan perusahaan ketika kamu melamar kerja. Isi dari CV adallah semua prestasi yang sudah kamu capai dan pengalaman yang pernah kamu jalani, seperti pengalaman organisasi di kampus atau kerja magang.

Agar memberikan kesan pertama yang baik, buatlah CV yang menarik dan sesuai dengan yang diinginkan perusahaan.

Belajarlah membuat CV bersama orangtua atau mencari tips membuat CV lewat buku atau internet. Situs JobStreet juga menyediakan sejumlah tips yang bisa dipraktikkan para pencari kerja untuk membuat CV yang baik.

Khawatir CV-mu kurang baik secara estetika? Saat ini, di internet sudah banyak sekali sumber yang menyediakan template CV untuk kamu gunakan agar CV-mu lebih menarik.

Baca juga: 4 Trik Membuat CV Cepat Dilirik Perekrut Kerja

2. Riset tentang pekerjaan yang diminati

Setelah lulus, biasanya kamu punya sedikit waktu luang sebelum upacara wisuda.

Nah, manfaatkan momen tersebut untuk mulai mencari kerja agar tidak membuang waktu setelah wisuda. Jika sudah menemukan posisi yang cocok, kamu bahkan bisa mencari tahu apakah memungkinkan untuk mengirim lamaran kerja tanpa harus menunggu waktu wisuda.

Selain itu, luangkan waktu untuk mencari tahu tentang perusahaan yang menarik bagimu dan sesuai dengan minat karirmu, kemudian cari tahu apakah ada posisi yang cocok buatmu di perusahaan itu.

Jika sudah menentukan posisi-posisi yang kamu minati, jangan lupa pula untuk mencari tahu lebih dalam soal deskripsi pekerjaan dan seperti apa pola kerja yang nantinya bakal kamu hadapi.

Baca juga: Kiat Bagi Fresh Graduate Saat Baru Meniti Karir

3. "Berburu" di job fair

Jika sudah mencari-cari informasi pekerjaan namun masih belum tahu bidang apa yang cocok untukmu, cobalah menghadiri job fair. Biasanya, acara job fair tersedia sepanjang tahun. Di masa pandemi Covid-19, beberapa job fair juga diselenggarakan secara online sehingga kamu bisa mengikutinya dari rumah.

Termasuk salah satunya adalah job fair yang diselenggarakan oleh JobStreet. Virtual Career Fair (VCF) dari JobStreet diselenggarakan pada 16-18 Maret 2021 dan peserta bisa mendaftar melalui situs JobStreet.

Beberapa job fair online, termasuk yang satu ini, menyediakan fasilitas agar peserta bisa menyampaikan pertanyaan atau berbincang langsung dengan perwakilan perusahaan melalui wawancara online.

"Sebagai talent partner, JobStreet mengadakan Virtual Career Fair untuk membantu para pencari kerja, yang baru lulus mau pun yang sudah berpengalaman, dalam menemukan pekerjaan yang tepat."

"Kami berharap banyak peserta Virtual Career Fair yang akan mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan-perusahaan terkemuka dan dapat mengembangkan karir mereka di dunia kerja,” kata Country Manager JobStreet Indonesia, Faridah Lim.

Selain bisa menemukan banyak pilihan bidang kerja, pada umumnya perusahaan yang berpartisipasi dalam acara job fair juga sudah dikurasi secara khusus oleh penyelenggara yang akan memudahkanmu dalam mencari pekerjaan impian.

Baca juga: 3 Kiat Sukses Dapatkan Pekerjaan Baru di 2021

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com