Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Arti Psikologis Warna Hijau, Busana Prewedding Aurel dan Atta

Kompas.com - 20/03/2021, 07:30 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar mengunggah foto pre wedding di akun Instagram masing-masing sebelum proses siramannya digelar pada Jumat (19/03/2021). Pasangan selebgram ini tampil menawan dengan baju adat Minang berwarna hijau tua.

Warna hijau sering dipakai pada beberapa pakaian tradisonal karena dianggap melambangkan kemewahan. Tak heran jika ini sangat cocok dikenakan di berbagai acara formal seperti pernikahan.

Dilansir dari Very Well Mind, warna hijau kerap dipakai sebagai gaun pernikahan pada abad ke-15. Hal ini erat kaitannya dengan anggapan kala itu jika warna ini berdampak pada kesuburan.

Hijau sendiri memiliki efek psikologis yang positif kepada pemakainya. Efeknya dipercaya dapat meningkatkan mood dan mempengaruhi emosi seseorang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Aurelie Hermansyah (@aurelie.hermansyah)

Ada 5 efek yang dapat dimunculkan dari warna hijau antara lain:

  • Menenangkan

Warna hijau identik dengan alam karena selaras dengan tampilan pohon dan dedaunan. Karena itu, penggunaannya dianggap menyegarkan sekaligus menenangkan.

Hijau tua dianggap paling memberikan efek rileks kepada penggunanya. Hal ini juga yang dipercaya menjadi alasan adanya green room bagi para aktor sebelum mulai syuting.

Tujuannya untuk membangun perasaan tenang dan menghilangkan kegugupan para bintang ini.

Baca juga: Tangis Aurel Hermansyah Saat Sungkem Meminta Restu di Prosesi Siraman

  • Bersemangat

Bagi sebagian kalangan, hijau malah memberikan semangat tertentu. Namun ini berlaku untuk warna hijau dengan nuansa yang semarak.

Kesannya sangat enerjik sekaligus menginspirasi.

  • Kasih sayang

Warna hijau juga dipercaya memberikan efek psikologis penuh kasih kepada pemakainya. Pakaian berwarna hijau memberikan kesan perhatian dan simpatik.

  • Alami

Warna ini juga disarakan untuk dipakai pada cat dinding dan interior desain. Hal ini membuat penghuninya merasa dekat dengan alam meski berada di rumah.

  • Optimis

Perasaan optimis yang ditimbulkan oleh warna ini tak lepas akan kesannya yang lekat dengan tumbuhan. Banyak orang menilai hijau sebagai awal yang baru, terinpirasi dari tunas tanaman yang mulai tumbuh.

 Baca juga: Beri Pesan untuk Aurel, Anang: Jangan Pernah Berkata Keras dan Menghardik Suami

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com