Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Barang-Barang yang Perlu Kamu Singkirkan dari Kulkas

Kompas.com - 21/03/2021, 11:21 WIB
Intan Pitaloka,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jangan biarkan terlalu banyak barang memenuhi kulkasmu. Bahan makanan dan minuman yang sudah tidak layak konsumsi bisa membuat lemari pendinginmu menjadi bau.

Daripada nantinya bertumpuk-tumpuk dan membuat kebersihan kulkas berkurang, ada baiknya kamu rajin membersihkannya dengan membuang barang tertentu.

Berikut makanan dan minuman yang perlu kamu buang dari freezer di kulkasmu:

1. Es batu yang bau

Kamu tidak akan menemukan kesegaran jika meneguk air es dengan bau dan rasa yang bercampur dengan bahan makanan lainnya. Contohnya minum air es yang dibayangi bau bawang putih, nggak enak kan?

Es batu yang dibiarkan hingga berminggu-minggu akan menyerap aroma di sekitarnya. Sungguh tak enak jika minum dengan es batu yang telah beraroma tak sedap. Lebih baik, kamu menggantinya dengan batu es yang baru.

Baca juga: Amankah Menyimpan Makanan dalam Freezer?

2. Makanan beku yang terlupakan

Menyimpan makanan memang perlu, tetapi jangan terlalu ambisius dengan membeli banyak bahan makanan sekaligus. Makanan beku yang disimpan harus dimakan dalam waktu tiga bulan.

Ada baiknya persediaan makanan diatur dengan memberi label, mana yang perlu kamu konsumsi terlebih dahulu. Hal ini,  untuk menghindari kedaluwarasa karena makanan lupa dikonsumsi.

3. Biji kopi basi

Menyimpan kopi bubuk dan biji kopi di dalam freezer dapat menjaga kesegarannya, tetapi kamu juga pelu memperhatikan berapa lama biji kopi tersebut tersimpan di sana.

Biji kopi menyerap kelembapan serta berbagai rasa dan bau di sekitarnya, jadi pastikan untuk menggunakannya dalam waktu tiga bulan. Jika lebih dari itu, ada baiknya kamu membuangnya.

4. Sayuran beku yang telah mengering

Berapa lama kantong berisi sayuran beku berada lemari pembekumu? Frozen veggies atau sayuran beku dapat disimpan di dalam freezer selama sekitar tiga bulan atau lebih cepat.

Untuk itu, ada baiknya kamu mencatat pula kapan kamu membeli dan memasukkan sayuran beku ke lemari pendinginmu. Lalu, lakukan pengecekan berkala agar tidak menumpuk.

Baca juga: Makanan Matang yang Tetap Enak Saat Disimpan di Freezer

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com