Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/03/2021, 21:48 WIB
Intan Pitaloka,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sering kali ukuran penis membuat pria merasa minder sehingga banyak yang mengambil jalan pintas dengan berbagai cara untuk memperbesarnya.

Para pria sering menarik kesimpulan bahwa wanita lebih menyukai penis yang berukuran besar. 

Hal inilah yang membuat para peneliti dari UCLA dan University of New Mexico mencari tahu apakah ukuran penis memang penting bagi wanita. Mereka membuat penis tiga dimensi buatan menggunakan printer MakerBot 3D.

Penelitian ini menggunakan 33 model penis dalam berbagai kombinasi bentuk dan ukuran. Panjangnya mulai dari 10,16 hingga 21,59 cm dengan ketebalan yang diukur memakai lingkar antara 6,35 hingga 17,78 cm.

Para peneliti kemudian meminta 75 wanita dalam studi tersebut untuk memilih model yang mereka rasa paling mewakili ukuran rata-rata penis yang sedang ereksi.

Hasilnya, sebagian besar memilih model dengan panjang antara 12,7 sampai 15,24 cm dan lingkar antara 10,16 dan 12,7 cm.

Sepertinya para wanita itu tepat, karena berdasarkan data, panjang rata-rata penis dalam keadaan ereksi adalah 13,97 cm dan lingkar rata-rata adalah 12,192 cm.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa wanita secara akurat mengingat ukuran penis pria, dan bahwa pilihan mereka sebenarnya hanya sedikit lebih besar dari rata-rata. 

Baca juga: Bagaimana Perbandingan Ukuran Penis Indonesia dengan Negara Lain?

Menariknya, untuk kencan pendek, para wanita dalam penelitian ini lebih menyukai ukuran penis yang sedikit lebih besar. Namun, untuk hubungan jangka panjang, pilihan ukurannya merujuk ke ukuran rata-rata.

Penelitian itu juga mengungkapkan bahwa 27 persen wanita memutuskan hubungannya karena masalah ukuran, kemungkinan besar karena ukuran penis pasangannya lebih pendek dari yang diinginkan. 

“Karena konteks itu dianggap penting, seorang pria akan lebih beruntung jika memiliki penis yang proporsional daripada sekadar 'gemuk',” kata ketua peneliti dan psikofisiologi seksual Dr Nicole Prause.

Dari penelitian ini, bisa disimpulkan bahwa para pria tidak perlu terlalu khawatir mengenai ukuran.

Kebanyakan pria telah memenuhi ukuran yang diinginkan, jika kamu memang ingin menjalin hubungan jangka panjang. Namun, jika tidak, mungkin kamu perlu memikirkan ukuran yang lebih besar lagi.

Selain itu, wanita cenderung "salah mengingat" ukuran sebenarnya, menilai hal-hal menjadi lebih kecil dari yang sebenarnya.

Jadi, berhentilah mengkhawatirkan tentang ukuran, ada hal lain yang mungkin bisa kamu kembangkan untuk membuat kamu istimewa.

Baca juga: Berapa Ukuran Penis Ideal untuk Memuaskan Pasangan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com