Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/03/2021, 07:07 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika anjing atau kucing mendatangi kita untuk meminta makanan di saat masih ada makanan di mangkuknya, kemungkinan hewan itu tidak menyukai makanan yang diberikan.

Namun, jika sudah menghabiskan makanan yang disediakan dan hewan peliharaanmu meminta makanan lagi, ada baiknya kamu memeriksa apa yang terjadi.

"Jika hewan peliharaan Anda sehat, mungkin ada faktor lingkungan yang berperan, sehingga ia masih minta makan," kata Lambert Wang, co-founder Cat Person.

Wang menjelaskan tiga kemungkinan yang menyebabkan hewan peliharaan terus-menerus merasa lapar.

1. Gangguan medis bawaan

Ada beberapa gangguan medis yang dapat memengaruhi nafsu makan hewan peliharaan, seperti diabetes, cacingan, penyakit radang usus, hipertiroidisme, dan usia tua.

Seluruh gangguan tersebut dapat menurunkan nutrisi yang diserap anjing atau kucing setiap kali makan, sehingga hewan peliharaan tidak pernah merasa kenyang.

Bisa jadi, kucing atau anjing akan makan lebih banyak dari biasanya, namun berat badan hewan tersebut tetap terjaga.

Hewan yang menunjukkan tanda-tanda pola makan yang tidak biasa dan penurunan berat badan tiba-tiba sebaiknya dibawa ke dokter hewan.

Dokter hewan akan melakukan tes untuk mendiagnosis masalah medis dan membuat resep untuk kondisi yang dialami hewan peliharaan.

Beberapa kondisi medis dapat disembuhkan, sementara kondisi lain perlu dikelola dengan hati-hati.

Baca juga: 7 Penyebab Kucing Tiba-tiba Tidak Mau Makan

2. Bosan

Hewan peliharaan yang hidupnya di dalam ruangan tidak memiliki stimulasi dan gaya hidup yang sama seperti hewan peliharaan di luar ruangan.

"Kucing rumahan seringkali kurang merasakan lingkungan yang dialami rekan-rekannya di luar ruangan saat kucing lain mengintai dan memanjat pohon," jelas Wang.

"Pemilik hewan dapat salah mengartikan keinginan kucing rumahan yang bosan untuk diperhatikan dan mengira kucing selalu lapar dan meminta makanan."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com