Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/03/2021, 19:46 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Untuk pakaian yang berwarna terang, pakaian yang terkena noda juga menjadi masalah tersendiri. Apalagi di masa pandemi, masalah higienitas menjadi hal utama.

Dengan adanya pandemi Covid-19, masyarakat dihimbau untuk lebih memperhatikan kebersihan diri sendiri, termasuk tidak sembarangan mencuci pakaian yang dikenakan ke luar rumah karena adanya potensi menjadi sarana penyebaran penyakit.

"Selain merendam pakaian dengan air panas terlebih dahulu, penggunaan deterjen yang dapat membunuh biang penyakit juga menjadi penting.” ungkap an Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia Dr. Hermawan Saputra, SKM., MARS., CICS.

Menurut Annisa Rachmawati, Brand Manager Vanish, dalam membersihkan pakaian secara menyeluruh, kita membutuhkan produk penghilang noda di samping deterjen.

"Deterjen saja tidak cukup untuk membersihkan pakaian," sebut Annisa dalam acara "Higienitas di Tengah Lingkungan Sekitar" yang diadakan Vanish pada Kamis (25/3/2021).

Di acara tersebut, Vanish juga mengenalkan kembali produk penghilang noda dalam bentuk bubuk, yaitu Vanish Oxi Action.

Baca juga: Pakaian yang Sebaiknya Dicuci Terpisah dari Pakaian Lainnya

Produk ini diklaim membantu menghilangkan noda tanpa merusak warna dan serat pakaian, serta bau apek yang menempel.

"Vanish Oxi Action bisa menghilangkan 100 noda yang paling susah, termasuk noda tinta, cat, oli, atau kosmetik yang susah dibersihkan dengan deterjen biasa," klaim Annisa.

Kandungan natrium perkarbonat pada Vanish Oxi Action, dia melanjutkan, menghasilkan gelembung oksigen yang dapat menembus serat kain pada pakaian untuk menghasilkan pakaian yang bersih dan bebas noda.

Selain itu, produk ini juga tidak mengandung klorin yang dapat merusak bahan pakaian.

Menurut Anisa, tanpa klorin, penghilang noda ini aman aman untuk penggunaan jangka pendek maupun jangka panjang.

Keunggulan lain yang ditawarkan Vanish Oxi Action adalah kemampuannya untuk menghilangkan kuman dan bakteri.

Pembawa acara Donna Agnesia saat ditemui di sebuah acara di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (18/6/2019).KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Pembawa acara Donna Agnesia saat ditemui di sebuah acara di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (18/6/2019).

"Vanish juga sudah divalidasi oleh Dettol lewat pengujian di laboratorium yang terakreditasi, bahwa produk ini dapat membunuh kuman dan bakteri," terang Annisa.

"Tidak ada komplain yang signifikan pada konsumen yang menggunakan produk ini untuk membersihkan baju batik, katun, jins, baju anak, atau pakaian olahraga," ucapnya.

Baca juga: Mencuci “Dry Cleaning” Lebih Efektif Bunuh Covid-19?

Donna Agnesia, selebritas yang juga Brand Ambassador Vanish Indonesia bercerita tentang pengalamannya menggunakan produk penghilang noda.

Menurut dia, pakaian yang bersih sangat penting agar kesehatan keluarga terjaga.

"Suami sama anakku biasa main di luar, main bola. Nah kalau pulang ke rumah, baju mereka itu pasti kotor," tutur Donna.

"Baju mereka yang aku cuci pasti penuh noda, dan pakai deterjen aja gak bisa hilang nodanya. Makanya aku butuh sesuatu agar baju mereka bersih kembali, tidak pudar, dan membunuh kuman dan bakteri," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com