Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2021, 17:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak hal yang perlu kita ketahui saat memutuskan untuk memelihara seekor anjing, salah satunya adalah usia hidupnya.

Secara umum, rata-rata usia anjing diperkirakan 10-13 tahun. Tetapi angkanya akan bervariasi, tergantung pada ras dan sejumlah faktor lainnya.

Anjing tertua yang pernah hidup yakni anjing jenis australian cattle dog (ACD) yang bernama Bluey. Hewan tersebut bertahan hidup hingga usia 29,5 tahun.

Baca juga: Alat yang Diperlukan untuk Melatih Anjing

Sebuah penelitian kesehatan anjing di Amerika Serikat, the Dog Aging Project, mulai melihat bagaimana gen, gaya hidup, dan lingkungan memengaruhi penuaan pada anjing.

Penelitian tersebut menunjukkan median waktu bertahan hidup sebenarnya sedikit di atas 15 tahun.

Di samping itu, ditemukan juga perbedaan antara anjing jantan dan betina. Tetapi anjing ras kecil biasanya hidup lebih lama daripada ras besar.

Lalu, anjing ras campuran hidup sedikit lebih lama daripada ras murni.

Baca juga: Biarkan Anjing untuk Terus Mengendus, Mengapa?

Satu pengecualian pada anjing berjenis french mastiff yang relatif kecil karena sangat rentan terhadap masalah pernapasan dan jantung.

Namun, untuk semua jenis anjing yang dianggap terpendek memiliki usia rata-rata antara 5-6 tahun.

Penelitian seperti yang dilakukan dalam the Dog Aging Project ini bertujuan meningkatkan rentang kesehatan anjing dan jumlah tahun yang dihabiskan untuk bebas dari penyakit.

Tapi, ada juga manfaatnya bagi manusia. Anjing dianggap sebagai model yang baik untuk penuaan manusia, karena dapat menderita beberapa penyakit yang sama di masa mendatang.

Baca juga: 7 Etika Membawa Anjing Peliharaan ke Tempat Umum

Sebutlah masalah obesitas, diabetes, dan artritis -peradangan sendi, semuanya dapat dialami oleh manusia dan juga anjing.

Maka dari itu, pemahaman yang lebih baik tentang usia anjing diharapkan pada akhirnya akan membantu manusia untuk hidup lebih lama dan lebih sehat.

Menentukan usia anjing

Ada kesalahpahaman umum bahwa satu tahun anjing sama dengan tujuh tahun manusia. Para ilmuwan mengatakan penghitungannya tak sesederhana itu.

Anjing tidak menua dengan kecepatan yang sama seperti manusia. Tahun pertama pada kehidupan anjing sama dengan 15 tahun umur manusia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com