Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surat Lamaran Pekerjaan Steve Jobs Dilelang Seharga Rp 3,2 Miliar

Kompas.com - 27/03/2021, 19:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber NDTV

KOMPAS.com - Surat lamaran pekerjaan dengan tulisan tangan Steve Jobs dari tahun 1973 dilelang seharga 223.414 dollar AS atau sekitar Rp 3,2 miliar.

Lelang tersebut dilakukan oleh Charterfields di Inggris dengan penawaran yang dimulai pada 24 Februari dan ditutup pada 24 Maret 2021.

Ini bukanlah pertama kalinya surat lamaran pekerjaan Jobs laku terjual. Pada awal tahun 2018, dokumen itu juga sempat dibeli oleh seorang pengusaha teknologi.

Baca juga: Balai Lelang Sothebys Lepas 50 Sepatu Nike dan Jordan Langka

Dokumen lamaran kerja itu pertama kali ditulis oleh Jobs setelah dia lulus kuliah dari Reed College di Portland, Oregon, Amerika Serikat (AS).

Kira-kira, setahun sebelum dia bergabung dengan Atari pada tahun 1974, di mana dia bertemu dengan salah satu pendiri Apple Steve Wozniak.

Seperti yang banyak diketahui, Jobs dan Wozniak resmi mendirikan Apple pada tahun 1976 dengan kantor pertamanya di Los Altos, California, AS.

Dalam surat lamaran tersebut, dia menuliskan kemahirannya dalam dunia teknologi seperti pengalamannya di bidang komputer dan kalkulator.

Baca juga: Toko Sepatu Balai Lelang Sothebys Dibuka, Siapa yang Mampu Beli?

Dia juga menuliskan sastra Inggris sebagai salah satu ilmu bidang yang dikuasainya.

Surat lamaran pekerjaan itu dilelang dalam kondisi sangat baik dengan sedikit kusut, noda ringan, dan pita bening yang usang di tepi atas, yang juga disertai dengan surat dan sertifikat keaslian.

Secara anumerta, memorabilia Jobs lainnya yang berupa disket dengan tanda tangan dan sebuah majalah Newsweek telah dijual pula.

Masing-masing laku terjual seharga 84.115 dollar AS atau sekitar Rp 1,2 miliar dan 50.000 dollar AS atau sekitar Rp 720 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NDTV
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com