Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/03/2021, 13:45 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Red band trailer, seperti pada film The Suicide Squad yang belum lama ini beredar, kerap menampilkan kekerasan, adegan seksual dan kata-kata kasar.

Trailer jenis ini biasanya dipakai sebagai konten promosi sebuah film dengan rating R. Rating tersebut kerap menayangkan film dengan materi serupa yang sarat akan kekerasan dan hal negatif lainnya yang harus dijauhkan dari anak.

Mudah sekali untuk mengenalinya karena biasanya video singkat ini akan diawali dengan latar berwarna merah. Penggunaan warnanya dipakai sebagai peringatan akan materi video yang akan ditayangkan.

Sebelumnya red band trailer relatif sulit ditemukan, jika pun ada hanya ditayangkan di kalangan terbatas. Biasanya ada batasan usia yang ditetapkan bagi siapa saja yang ingin menyimak video pratinjau ini.

Baca juga: Mengenal Rating Film, Apa Itu R, G, PG, hingga NC-17 agar Tak Salah Tonton

Pengguna berusia 17 tahun

Mengacu pada laporan tahun 2019 dari Federal Trade Commission, Motion Picture Association of America (MPAA), asosiasi yang membawahi industri film Hollywood, penayangan red band trailer pada situs yang hanya bisa diakses pengguna di atas usia 17 tahun.

Selain itu, regulasi ini juga menetapkan jika materinya tidak boleh berisi kekerasan ekstrem termasuk pemenggalan atau pemotongan yang mencolok dan luka atau penyiksaan yang ekstrem.

Aturan ini sebenarnya juga mudah dilanggar karena verifikasi usia biasanya tidak sulit dan hanya perlu satu klik saja. Selain itu, banyak pula situs dewasa yang tidak menerapkan batasan usia.

Namun dengan perkembangan dunia internet dan media sosial, trailer dewasa ini jadi jauh lebih mudah diakses. Setiap orang termasuk anak-anak bisa menemukannya di You Tube atau dibagikan secara bebas di Instagram maupun Twitter.

Baca juga: Sylvester Stallone Dikonfirmasi Isi Suara King Shark dalam The Suicide Squad

Selain itu, produsen film kini juga semakin sering merilis trailer dengan latar merah ini. Sejumlah film superhero yang identik ramah untuk semua umur, juga mulai semakin sering merilis red band trailer.

Makin berani

Tren ini sebenarnya seiring dengan perkembangan dunia perfilman yang makin berani mengeksplorasi tema cerita. Film tentang pahlawan super yang kerap menggambarkan konfliknya hitam putih kini kerap mengusung tema anti hero.

Film seperti inilah yang biasanya dipromosikan lewat red band trailer seperti The Suicide Squad dan Deadpool.

Video promosi ini juga dianggap lebih efektif untuk menarik perhatian konsumen.

Pelaku industri film menilai trailer dewasa ini menyajikan potongan film yang lebih akurat daripada trailer untuk semua umur. Selain itu, candaan kasar, kekerasan dan adegan seksual yang ditampilkan terbukti jadi promosi efektif.

Baca juga: Sinopsis Marvel Studios: Legends, Momen Terbaik Superhero Marvel

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com