Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wirausaha Sosial Neurafarm Raih Kemenangan di Singapura

Kompas.com - 28/03/2021, 20:31 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Wirausaha sosial yang bergerak di bidang agrikultur, Neurafarm, meraih kemenangan dalam ajang Global Young Social Entrepreneurs (YSE) Singapore International Foundation (SIF).

Neurafarm berhak atas pendanaan dari SIF sebesar 20.000 Dollar Singapura untuk mengembangkan ide bisnis sosial mereka.

Selain Neurafarm yang mewakili Indonesia, ajang ini juga memilih 5 pemenang lainnya, yaitu Canfem dari India, Fempreneur Secrets dari Singapura, Gabing dari Hong Kong, International Changemaker Olympiad dari India, dan Safewheel dari Bangladesh.

Program YSE yang sudah berjalan selama 11 tahun ini untuk pertama kalinya dilakukan sepenuhnya secara online. Para peserta mendapatkan bimbingan dari pakar yang kompeten untuk dapat mengembangkan ide bisnis mereka. Kemudian di akhir penjurian masing-masing melakukan presentasi.

Baca juga: Menumbuhkan Semangat Wirausaha Sosial lewat Youth Entrepreneur Camp

SIF Governor dan Ketua Juri YSE 2020, Lian Wee Cheow, mencatat bahwa krisis COVID-19 telah meningkatkan kebutuhan wirausaha sosial untuk menangani masalah sosial.

“Sangat menggembirakan untuk menyaksikan dorongan dan semangat dari para peserta muda ini untuk menciptakan perubahan sosial yang positif. Komitmen tim, bersama dengan ide bisnis yang inovatif dan berkelanjutan, memberi kami harapan bahwa bisnis mereka benar-benar dapat berkembang dengan baik,” katanya.

Rencana bisnis sosial tim-tim yang berpartisipasi dalam ajang ini memberikan solusi kreatif di bidang pertanian, barang dan jasa konsumen, makanan dan minuman, lingkungan dan energi, pendidikan dan pelatihan, teknologi perawatan kesehatan dan platform gigital, desain perkotaan, serta air dan sanitasi.

Terlepas dari keragaman kebangsaan, latar belakang, dan kawasan dampak, semua tim mempresentasikan tujuan bersama untuk membuat dampak berkelanjutan melalui bisnis.

“Kami bangga mendukung mereka dalam mewujudkan impian kewirausahaan sosial mereka menjadi realitas. Pertumbuhan program YSE selama 11 tahun terakhir ini adalah sebuah bukti nilai dalam menyatukan komunitas dunia untuk berkolaborasi dan mempengaruhi perubahan positif sistemik untuk dunia yang lebih baik,” kata SIF Chairman Ambassador Ong Keng Yong.

Baca juga: IPB Kampus Terbaik se-Asia Tenggara Bidang Pertanian dan Kehutanan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com