Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/03/2021, 08:49 WIB
Intan Pitaloka,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menggunakan masker merupakan keharusan di masa pandemi. Walau bisa membuat kita kurang leluasa untuk bernapas, tetapi sebenarnya banyak manfaat yang kita rasakan selama rutin memakai masker.

Selain melindungi dari paparan Covid-19, masker juga bisa mengurangi risiko alergi. Hal itu diungkap oleh sebuah penelitian terbaru.

"Sebuah studi yang terbit pada tahun 2020 menunjukkan bahwa gejala rinitis alergi dengan demam di antara perawat telah berkurang secara signifikan. Ini dikarenakan adanya penggunaan masker wajah selama pandemi COVID-19," kata Dr. Do-Yeon Cho, seorang profesor otolaringologi di Universitas Alabama, Birmingham.

Masker yang digunakan boleh jenis masker apa saja, karena sama-sama efektif melindungi mulut dan hidung dari debu dan alergen. Ingatlah untuk tidak menyentuh bagian dalam masker saat membuka atau memakai masker.

Baca juga: Warganet Heboh Masker Hidung Anticovid, Mau Pakai?

Selain pemakaian masker, penting juga mengenali alergen (pemicu alergi) kita. Misalnya jika kita alergi pada serbuk sari atau pollen, maka batasi aktivitas outdoor. Disarankan juga menggunakan HEPA, filter udara selama musim alergi untuk mengurangi paparan alergen.

Untuk mengurangi paparan debu, jika kamu alergi, mandi dan keramas setiap hari sebelum tidur untuk membersihkan debu yang menempel. Rajinlah mencuci seprai dan bantal tidur.

Selain itu, minumlah obat alergi yang memang telah kamu konsultasikan ke dokter.

Tak hanya melindungi kita dari alergi, penggunaan masker dapat membantu melindungi diri kita dari penyakit yang bisa menular seperti flu, batuk, ISPA, dan sindrom pernapasan akut berat.

Baca juga: Bisakah Alergi Sebabkan Sakit Tenggorokan? Ini Penjelasan Dokter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com