Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nike Menangi Gugatan atas Sepatu Setan, tetapi Telanjur Sold Out

Kompas.com - 03/04/2021, 11:18 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Gugatan yang dibuat Nike atas "Satan Shoes" yang dirancang MSCHF sudah mencapai titik terang.

Setidaknya, untuk saat ini gugatan tersebut dimenangi oleh perusahaan perlengkapan olahraga berlogo Swoosh tersebut, seperti dilansir The Business of Fashion.

Rapper yang terlibat dalam pembuatan Satan Shoes --Lil Nas X, juga sudah mengonfirmasi hal itu di akun Twitter miliknya.

Walau demikian, sepatu kontroversial dengan harga 1.018 dollar AS atau sekitar Rp 14 juta itu sudah terjual habis.

Pada tanggal 1 April, tiga hari setelah gugatan awal diajukan, Hakim Distrik AS Eric Komitee menyetujui keluhan Nike bahwa MSCHF x Lil Nas X Satan Shoes melanggar merek dagang Nike.

Lil Nas X bukan tergugat dalam kasus ini, tetapi keputusan pengadilan memerintahkan agar MSCHF menahan peluncuran produk Satan Shoes sementara waktu.

Pada 28 Maret, Lil Nas X mengeluarkan video permintaan maaf satire terkait kontroversi Satan Shoes. Keesokan harinya, sepatu ini dijual di situs resmi MSCHF.

Satan Shoes yang digarap MSCHF dan berisi darah manusia itu seolah-olah menjadi pelengkap untuk video musik baru Lil Nas X bertajuk "Montero".

Baca juga: Heboh Sepatu Setan dengan Darah Manusia, Nike Ajukan Gugatan

Dalam video tersebut, terlihat Lil Nas X turun dari surga menggunakan tiang dan menuju neraka untuk memberikan lap dance atau tarian kepada iblis.

Sebelum merilis Satan Shoes, perusahaan seni asal Brooklyn itu sudah menimbulkan kontroversi sejak merilis kaus patchwork "Impossible" dan sepatu sandal "Birkinstock" 76.000 dollar AS (sekitar Rp 1,1 miliar).

Sepatu Setan Lil Nas X dan MSCHF terjual habis dalam waktu kurang dari satu menit pada hari Senin (29/3/2021).MSCHF via BBC INDONESIA Sepatu Setan Lil Nas X dan MSCHF terjual habis dalam waktu kurang dari satu menit pada hari Senin (29/3/2021).
Pada tahun 2018, ada satu sepatu yang konsepnya mirip dengan Satan Shoes, yaitu sepatu Yesus atau Jesus Shoes yang diberi hiasan salib dan diisi air suci.

"Nike mengajukan pelanggaran merek dagang dan keluhan terhadap MSCHF terkait Satan Shoes," kata Nike kepada CBS News dalam sebuah pernyataan.

"Kami dapat memberikan informasi bahwa kami tidak memiliki hubungan dengan Lil Nas X atau MSCHF."

"Satan Shoes diproduksi tanpa persetujuan atau otorisasi Nike, dan Nike sama sekali tidak terkait proyek ini."

Akan tetapi, MSCHF selaku pihak yang tergugat mengaku keberatan dengan Nike.

Halaman:
Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com