Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Sarapan Sebaiknya Tak Lebih dari Pukul 08.00?

Kompas.com - 05/04/2021, 10:36 WIB
Intan Pitaloka,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sarapan pagi ternyata tidak bisa dilakukan di sembarang waktu. Sarapan pada pagi hari atau sebelum pukul 08.30 ternyata lebih bermanfaat bagi kesehatan.

Menurut penelitian baru yang diterbitkan pada ENDO 2021, konferensi virtual dari para dokter ahli endokrin, makan pada pagi hari dikaitkan dengan penurunan resistensi insulin dan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

Temuan ini merupakan bagian dari studi tentang puasa, tetapi para ilmuwan menemukan bahwa ada manfaat sarapan lebih awal meski kamu tidak berpuasa.

Studi tersebut mengatakan bahwa orang yang sarapan pagi memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dan resistensi insulin yang lebih rendah, terlepas dari apakah mereka melakukan diet puasa (intermiten) sehingga membatasi puasa hingga kurang dari 10 jam sehari.

Data dari 10.575 orang dewasa Amerika dari survei nasional tentang kesehatan dan gizi dianalisis untuk melihat apakah ada pola antara waktu makan dan kadar gula darah dan insulin.

Ditemukan bahwa puasa intermiten, atau makan terbatas 10 jam atau kurang dikaitkan dengan resistensi insulin yang lebih tinggi. Artinya, orang yang berpuasa kurang responsif terhadap insulin, hormon yang mengatur kadar gula darah.

Baca juga: 5 Metode Diet Puasa untuk Turunkan Berat Badan, Kamu Perlu Tahu

Resistensi insulin merupakan faktor risiko untuk terjadinya diabetes tipe 2.

Namun, ditemukan bahwa orang yang melakukan sarapan pagi sebelum pukul 08.30 pagi memiliki tingkat resistensi insulin yang lebih rendah, terlepas dari apakah mereka berpuasa atau tidak.

Temuan ini menunjukkan bahwa makan pagi memiliki lebih banyak manfaat metabolik secara keseluruhan.

Lalu, sarapan yang sehat juga mendukung berat badan yang sehat dan energi yang stabil. Langkah terbaik adalah memulai hari dengan sarapan pagi yang mengombinasikan protein, lemak sehat, dan serat.

Baca juga: Pentingnya Sarapan untuk Anak, dan Cara Pilih Menu yang Baik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com