Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hobi Makan Tengah Malam Mempercepat Penuaan dan Kerusakan Kulit

Kompas.com - 13/04/2021, 09:43 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika kita mengira efek samping dari ngemil atau makan tengah malam hanyalah penambahan kalori saja, maka kita salah besar.

Menurut seorang dokter spesialis kulit di New York City, Jason Emer, MD, hobi ngemil atau makan di tengah malam juga bisa menyebabkan penuaan kulit, kerusakan kulit, dan bahkan berisiko terkena kanker kulit.

"Makan berat sebelum tidur dapat melemahkan enzim yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV," jelas seorang dokter spesialis kulit, Stuart Kaplan, MD.

Hal ini turut didukung oleh penelitian yang dilakukan di University of Texas Southwestern Medical Center.

Dalam studi yang melibatkan hewan tikus, para peneliti menemukan bahwa kebiasaan makan yang tidak normal mengganggu jam biologis kulit tikus.

Sehingga, kebiasaan makan yang tidak sehat pada tengah malam dapat melemahkan potensi enzim kulit yang menghalangi radiasi ultraviolet matahari yang berbahaya.

Baca juga: Mengapa Melewatkan Makan Malam Bikin Gemuk?

Meskipun penting untuk diingat bahwa tes ini dilakukan pada tikus dan bukan pada manusia, hal itu tetap menguak argumen yang sangat kuat mengapa makan larut malam begitu ditentang para ahli kesehatan.

"Selain faktor UV, terbukti bahwa makan sebelum tidur — terutama yang mengandung gula — bisa meningkatkan kadar gula darah, membuat peradangan, dan memperburuk kondisi kulit seperti jerawat atau eksim," kata Emer.

Kaplan mengungkapkan, semakin berat makanannya, semakin lama kita harus menunggu sebelum tidur.

"Minimal, saya anjurkan setidaknya dua jam untuk tubuh mencerna sebagian besar makanan karena kita tidak boleh tidur dalam keadaan kembung dan kenyang," terangnya.

Diketahui, sejumlah makanan tertentu dapat memperburuk efek samping kulit, termasuk kemerahan dan jerawat.

Baca juga: Beragam Cara Atasi Kecanduan Gula demi Tubuh yang Sehat

Emer menyebutkan beberapa makanan seperti coklat, produk susu, makanan yang digoreng, dan apapun dengan indeks glikemik tinggi yang dapat meningkatkan produksi minyak pada malam hari dan berkontribusi pada munculnya jerawat.

Selain itu, mengonsumsi makanan asin juga dapat menyebabkan tubuh kita menahan air karena mencoba mengganti garam tambahan dan meratakan tonisitas dalam sistem tubuh kita.

Namun, apabila kita benar-benar harus ngemil, ahli kulit merekomendasikan makanan rendah gula dan tidak diproses seperti buah-buahan kaya antioksidan dan roti gandum.

Terlepas dari kapan atau apa yang kita makan, pastikan juga untuk menindaklanjutinya dengan beberapa perawatan kulit yang baik untuk menjaga kulit tetap sehat.

Baca juga: Kembung dan Begah Setelah Ngemil Keripik Kentang, Ini Sebabnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com