Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/04/2021, 20:53 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Hublot dikenal sebagai pembuat jam tangan yang ingin selalu menampilkan material atau bahan baru dalam produknya.

Merek ini telah berkreasi dengan campuran emas, keramik, safir, bahkan semen untuk menghasilkan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya.

Pada tahun 2016 Hublot memperkenalkan jam tangan berbahan safir pertama kali, lalu memunculkan banyak material lain setelahnya.

Hublot Big Bang Integral Tourbillon Full SapphireHublot Hublot Big Bang Integral Tourbillon Full Sapphire
Khusus untuk safir, Hublot tidak hanya dapat membuat mineral mulia itu dalam berbagai warna, tetapi juga berhasil membuatnya dalam jumlah yang cukup untuk membuat jam tangan edisi terbatas.

Keberhasilan membuat jam tangan safir adalah pencapaian besar mengingat mineral itu harus diperlakukan sedemikian rupa untuk menghasilkan warna dan kekerasan yang diinginkan.

Nah koleksi berbahan safir terbaru yang diluncurkan Hublot dalam acara Watches & Wonders 2021 adalah Big Bang Integral Tourbillon dengan casing dan gelang jam terbuat dari safir tembus pandang.

Membuat casing dan gelang safir yang sangat bening merupakan usaha yang menantang. Belum lagi bahan itu harus didesain agar kuat dan nyaman dipakai.

Hublot sendiri membutuhkan waktu lima tahun untuk mengembangkan casing dari safir. Lalu merek ini menghabiskan waktu yang sama guna membuat gelang jam dari bahan tersebut. Perlu diketahui, tidak banyak merek lain yang berhasil membuat gelang jam berbahan safir.

Untuk mewujudkan arloji yang benar-benar transparan, Hublot bahkan menggunakan sisipan titanium untuk menyambung setiap keping safir pada gelang jam agar tidak menghalangi cahaya untuk menembusnya.

Baca juga: Jam Tangan Berbahan Safir Jingga Pertama di Dunia dari Hublot

Hublot Big Bang Integral Tourbillon Full SapphireHublot Hublot Big Bang Integral Tourbillon Full Sapphire
Kemudian agar tampilannya makin menakjubkan, Hublot memasang mesin penggerak terbaiknya HUB6035 Automatic Tourbillon lengkap dengan bridge berbahan safir tembus pandang, sehingga kita bisa melihat gerakan mesin yang rumit di dalamnya.

Mesin ini memiliki rotor mikro yang ditempatkan pada pukul dua belas, dibuat dari emas putih 22 karat. Sebagian besar komponen, termasuk pelat utama pada mesin juga terbuat dari safir, sehingga memberi efek tembus pandang yang penuh.

Hublot juga menghilangkan banyak sekrup agar cahaya dapat menembus melalui setiap bagian. Dengan begitu, kita seolah melihat rangkaian mesin pada jam ini melayang.

"Bisa dibilang kami adalah merek pertama yang menguasai pembuatan safir. Memproduksi jam tangan dari safir adalah prestasi luar biasa yang dicapai tim Hublot," kata Raphael Nussbaumer, Chief Product & Purchasing Officer Hublot dalam acara virtual Selasa (13/4/2021).

Dengan diameter 43 mm dan ketebalan 15,25 mm, Hublot berhasil membuat jam tangan ini terlihat indah.

Sayangnya, jam tangan Big Bang Integral Tourbillon Full Sapphire ini hanya dibuat 30 buah, dengan harga masing-masing 422.000 dollar AS atau sekitar Rp 6,5 miliar.

Baca juga: Magic Gold, Jam Tangan Berbahan Campuran Emas dan Keramik dari Hublot

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com