Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/04/2021, 09:08 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Tidak semua dari kita mendapatkan kesempatan untuk memiliki arloji yang benar-benar unik. Beberapa dibuat sangat terbatas, bahkan hanya ada satu di dunia, atau dihargai sangat tinggi.

Salah satu jam tangan unik yang terlihat di acara Watches & Wonders 2021 adalah Serpenti Misteriosi Cleopatra buatan Bvlgari, brand asal Roma, Italia.

Jam tangan yang tampak seperti gelang ini dibuat dengan gaya Mesir kuno, berhiaskan batu mulia warna-warni yang berkilau indah dalam cahaya.

Bvlgari Serpenti Misteriosi CleopatraBvlgari Bvlgari Serpenti Misteriosi Cleopatra
Permukaannya berbentuk "sisik" ular, yang setiap potongnya dibuat dari sembilan jenis batu permata yang berbeda, dipotong menjadi segi enam.

Batu mulia dengan berat total 50 karat itu terdiri dari amethyst, citrine, aquamarine, rubellite, chrome tourmaline, tanzanite dan peridot. Semuanya disatukan dalam frame yang dibuat dari emas rose 18 karat.

Bagian sisik lainnya, ditutupi dengan hampir 4.000 butir berlian yang ditata satu demi satu menggunakan tangan. Menurut Bvlgari, untuk menata batu-batu mulia ini dibutuhkan waktu hingga 470 jam.

Bvlgari Serpenti Misteriosi CleopatraBvlgari Bvlgari Serpenti Misteriosi Cleopatra
Lalu di manakah jam atau penunjuk waktunya?

Bila dilihat dengan teliti, ada sebuah batu rubellite dengan berat hampir 10 karat yang menjadi penutup jarum jam. Permukaan atau dialnya dihias dengan butiran-butiran berlian. Penunjuk waktu itu tersembunyi di balik batu mulia.

Itulah sebabnya koleksi ini diberi nama Serpenti Misteriosi Cleopatra. Serpenti yang artinya ular, merujuk pada pola sisik di permukaan gelang. Misteriosi menggambarkan letak penunjuk waktu yang misterius atau tersembunyi.

Sedangkan nama Cleopatra, Ratu Mesir yang terkenal itu, terinspirasi dari film Cleopatra 1963 yang dibintangi Elizabeth Taylor, di mana ia mengenakan perhiasan Bvlgari Serpenti.

"Batu mulia dan warna-warnanya adalah salah satu elemen ikonik yang meunjukkan DNA Bvlgari," ujar pimpinan desain Bvlgari, Fabrizio Buonamassa Stigliani dalam konferensi virtual pada Rabu (31/3/2021).

Dengan keindahannya, Bvlgari Serpenti Misteriosi Cleopatra bukanlah sekedar jam tangan dan gelang, namun lebih dari itu.

Baca juga: Serpenti Spiga, Arloji Ular Berhias Berlian dari Bvlgari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com