Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kita Marah jika Nama Anak Dicontek Orang Lain?

Kompas.com - 18/04/2021, 17:15 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ribut-ribut soal nama anak yang dicontek orang lain rasanya kerap kita temui di lingkungan sosial. Banyak yang tak rela jika nama buah hatinya, yang susah payah dicari, dipakai orang lain.

Warganet belum lama ini ribut soal nama anak Zaskia Sungkar yang dianggap dicontek oleh penyanyi dangdut Rizky DA. Alasannya karena penggunaan kata yang mirip untuk nama buah hatinya.

Zaskia Sungkar yang belum lama ini melahirkan memberikan nama Ukkasya Muhammad Syahki kepada putranya. Sedangkan Rizky yang juga mendapatkan anak laki-laki memberi nama Baihaqqi Syaki Ramadhan.

Karena lahir belakangan, Rizky dicibir minim kreativitas dengan memberikan nama yang mirip dengan anak Irwansyah.

Baca juga: Jadi Ibu, Zaskia Sungkar Akui Banyak Drama, Nangis dan Khawatir Berlebihan

Kehebohan soal nama yang mirip ini bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya pembawa acara Franda pernah viral karena melontarkan protes nama anaknya dipakai orang lain.

Istri dari Samuel Zlygwyn ini merasa jerih payah mendapatkan nama yang unik dan kreatif hilang begitu saja. Pasalnya ada warganet yang memberikan nama serupa dengan putrinya yaitu Zylvechia Ecclesie Heckenbücker.

Bukan hanya nama namun juga penulisan dan nama panggilannya. Franda meradang karena merasa kreativitasnya dicuri dan langsung mengajukan komplain pada yang bersangkutan.

Nama mirip

Fenomena ini tak hanya terjadi di lingkungan artis. Coba cek lingkungan sekitar kita, pasti ada permasalahan serupa yang terjadi.

Selalu saja ada keluhan soal nama anak yang ditiru atau dicontek. Ada yang benar-benar sama seperti kasus anak Franda atau sekedar mirip seperti nama anak Zaskia Sungkar.

Baca juga: Heboh Nama Anak Fiersa Besari, Kinasih Menyusuri Bumi, sampai Trending Twitter

Mungkin memang terasa konyol jika kita tidak mengalaminya sendiri, nyatanya banyak orangtua yang benar-benar merasa marah dan sakit hati karena ini.

Alasannya, mereka merasa pemilihan nama bayi merupakan proses yang panjang, menyulitkan dan membingungkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com