Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tengok Kolaborasi Kim Jones dengan Converse, Gaya Klasik yang Dibikin Modern

Kompas.com - 19/04/2021, 09:41 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Sejak tahun lalu Converse tak hanya gencar merilis sepatunya sendiri, namun juga giat melakukan kerja sama dengan perancang dan brand seperti Telfar, JW Anderson, Brain Dead, Comme des Garçons, Feng Chen Wang , Fear of God, Ambush, Golf Le Fleur, A-Cold-Wall, Lay Zhang, Carhartt, Paria Farzaneh, Moncler dan Hiroshi Fujiwara.

Kolaborasi itu rupanya akan terus berlanjut tahun 2021, salah satunya diawali lewat kemitraan dengan Kim Jones, direktur artistik pakaian pria di Dior.

Meskipun ini kerjasama pertama antara Converse dengan Kim Jones, desainer asal Inggris itu tidak asing dengan kolaborasi sneaker, setelah sebelumnya bermitra dengan Jordan Brand tahun lalu.

Kolaborasi Kim Jones dengan ConverseConverse Kolaborasi Kim Jones dengan Converse
Kali ini, Jones mengubah sepatu Converse Chuck 70 dengan tampilan baru. Tanpa meninggalkan ciri khas sneaker ikonik tersebut, Jones menambahkan gaya dari akhir tahun 90-an dengan membungkus kanvas bagian atas Chuck 70 dengan bahan karet TPU tembus cahaya.

Kanvas ini terlihat seperti dimasukkan ke dalam sol yang besar, sementara sangkar TPU transparan melindungi panel sneaker di sekitar tumit, memberikan struktur dan stabilitas lebih pada bagian atas kanvas.

Pada bagian tali sepatunya, kita juga akan melihat lobang tali berbahan karet berselang seling dengan lobang bulat sehingga membuatnya bergaya modern.

Kolaborasi Kim Jones dengan ConverseConverse Kolaborasi Kim Jones dengan Converse
Perubahan lain yang jelas terlihat adalah bagian sisi sepatu yang biasanya rata, kini menjadi lebih tebal dengan midsole yang menonjol serta dibuat melengkung untuk menciptakan efek ilusi ketinggian. Bagian bawah juga dirombak dengan outsole baru bermotif berlian.

"Pendekatan desain ini dilakukan secara langsung pada sepatu yang sangat klasik dan membungkusnya untuk melindungi sekaligus memberi tampilan baru," kata Jones, yang juga mengerjakan rancangan Fendi.

Hasilnya adalah sepatu yang modern, terlihat menyegarkan dan berbeda, namun tetap familiar. Saat melihatnya, kita akan langsung tahu bahwa itu Converse.

Adapun seri ini hadir dalam warna gading dan hitam dan bisa didapatkan di toko-toko Converse di Indonesia sejak 14 April 2021. Berminat?

Baca juga: Converse Chuck Taylor All-Star 100 Bertemakan NASA, Mau?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com