Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 05/09/2022, 08:52 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Asam lambung naik atau refluks asam lambung adalah penyakit umum yang dialami banyak orang karena berbagai alasan yang pemicu.

Satu yang sama adalah, kondisi ini menyebabkan rasa yang sangat tidak nyaman, misalnya gejala heartburn atau sensasi panas di dada.

Asam lambung naik terjadi ketika klep di ujung kerongkongan yang seharusnya menutup saat makanan masuk tidak bekerja optimal, sehingga asam lambung akan mengalir kembali ke mulut dan tenggorokan.

Jika kondisi sering terjadi, setidaknya satu atau dua minggu sekali, dan kondisinya lebih parah, kita mungkin sudah mengalami Gastroesophageal Reflux Disease (Gerd).

Selain heartburn, ada pula beberapa gejala asam lambung naik yang perlu diwaspadai.

Baca juga: Waspadai, Gejala Asam Lambung Naik Tak Cuma Heartburn

Pemeriksaan dokter dan pengobatan dapat membantu mengatasi masalah ini. Namun, pengobatan juga perlu disertai perubahan gaya hidup untuk mengatasi asam lambung naik, di antaranya:

1. Tidak tidur dalam kondisi perut penuh

Menurut WebMD, mengonsumsi makanan setidaknya dua atau tiga jam sebelum tidur akan memberikan waktu makanan untuk dicerna dengan baik dan keluar dari perut.

Dengan begitu, tingkat keasaman juga akan menurun sebelum kita berada di posisi berbaring, di mana heartburn lebih mungkin terjadi.

Baca juga: Awas, Ini Bahayanya Jika Sering Rebahan Setelah Makan

2. Tidak makan berlebihan

Pada penderita asam lambung, klep yang berada di ujung kerongkongan sering kali longgar atau tidak bisa tertutup dengan sempurna, menyebabkan asam lambung dapat mengalir kembali ke mulut dan tenggorokan.

Oleh karena itu, biasakan tidak makan berlebihan.

Makanlah dalam porsi yang lebih kecil dan lebih sering, misalnya empat atau lima kali sehari, daripada satu kali makan besar.

3. Makan perlahan

Makanan yang sudah dikunyah dengan baik akan mempermudah proses pencernaan.

Jadi, sebaiknya makan secara perlahan dan kunyah makanan dengan sempurna. Ini akan memberikan kesempatan pada enzim yang ada di air liur untuk bercampur dengan makanan sehingga makkanan lebih mudah dicerna.

Memotong makanan kecil-kecil juga bisa membantu makanan lebih mudah dicerna.

4. Hindari pemicu heartburn

Heartburn adalah gejala asam lambung naik yang paling umum terjadi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com