Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Hilangkan Semua Jenis Noda Pada Dinding Rumah

Kompas.com - 26/04/2021, 16:28 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dinding mungkin menjadi bagian rumah yang sering terlihat kotor karena goresan, bekas sidik jari, dan noda lainnya yang menumpuk.

Untungnya, membersihkan noda di dinding rumah kini dapat dilakukan dengan mudah, sehingga kita tidak perlu mengecat ulang.

Nah, berikut empat cara menghilangkan semua jenis noda dari dinding rumah seperti yang dilansir dari laman Martha Stewart.

1. Membersihkan noda kecil

Wakil presiden inovasi di ECOS, Jenna Arkin mengatakan, untuk membersihkan permukaan cat kamar mandi seperti satin, semi-gloss, atau gloss dapat menggunakan pembersih serbaguna dan handuk mikrofiber.

"Ini juga berlaku untuk sebagian besar dinding yang memiliki wallpaper," ujarnya.

Namun, untuk dinding warna matte, Arkin menyarankan kita agar menguji pembersih di area yang tidak mencolok sebelum mengaplikasikannya secara luas dan memastikan bahwa formulanya aman untuk cat dinding.

2. Membersihkan goresan dan noda lebih besar

Noda yang lebih besar, yang menutupi area secara luas atau lebih sulit dihilangkan mungkin memerlukan sedikit usaha ekstra.

"Untuk noda yang menempel, coba gunakan pembersih atau spons yang memiliki bahan abrasif lembut guna membantu menghilangkan noda," ucap Arkin.

Mulailah dengan meningkatkan tekanan dan kekuatan produk secara bertahap pada bagian dinding dengan noda yang lebih besar.

3. Menggosok

Hindari menggunakan apa pun yang terlalu abrasif untuk membersihkan dinding, terutama jika dinding tersebut memiliki lapisan matte.

Penggosok bertekstur dapat menghilangkan cat atau kilapnya, sehingga dinding membutuhkan lapisan penggosok yang lebih halus.

Selain itu, produk kimia tertentu dapat merusak permukaan dinding.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com